Cara Memutihkan Gigi Secara Alami

Pertanianku — Gigi merupakan bagian yang gampang terlihat saat sedang berinteraksi dengan seseorang. Tidak jarang, banyak orang yang menginginkan warna gigi yang putih untuk meningkatkan kepercayaan diri meskipun warna gigi yang kuning bukan merupakan suatu kondisi kesehatan mulut yang buruk. Oleh karena itu, banyak produk pemutih gigi berbahan kimia bertebaran di jejaring sosial. Padahal, memutihkan gigi bisa dilakukan secara alami.

memutihkan gigi
foto: pixabay

Warna gigi sebenarnya bisa ditentukan oleh DNA, dari yang berwarna abu-abu hingga kuning. Namun, kebanyakan orang sudah terlahir dengan gigi yang berwarna gading.

Warna kuning pada gigi juga dapat disebabkan oleh perawatan yang tidak bersih sehingga meninggalkan noda pada gigi. Plak yang sangat mudah terlihat bisa muncul di gigi disebabkan oleh jaringan ludah yang sedikit demi sedikit menumpuk, hingga bekas makanan yang tidak dibersihkan.

Loading...

Gigi juga dapat menguning karena kebiasaan minum kopi dan teh. Kopi dan teh merupakan minuman yang memiliki kandungan zat yang mampu mengubah warna gigi sehingga menjadi kuning. Tanin yang terkandung pada kedua minuman tersebut akan menempel pada permukaan gigi dan menyebabkan gigi berwarna kuning.

Kebiasaan buruk merokok juga dapat menyebabkan gigi kuning. Tidak heran jika perokok aktif yang sering mengonsumsi kopi, akan lebih mudah mengalami perubahan warna pada gigi. Faktor umur pun dapat menjadi penyebab gigi menguning karena email gigi melemah dan ini merupakan hal yang wajar terjadi.

Gigi kuning pada dasarnya dapat dicegah dengan rutin menggosok gigi, mengatur penggunaan obat kumur dan menjaga konsumsi teh dan kopi. Jika gigi terlanjur sudah kuning, Anda dapat mencoba obat alami ini yang mampu menghilangkan warna kuning pada gigi dan memutihkan gigi.

Baca Juga:  Pare Belut: Obat Herbal untuk Mengobati Luka

Bahan-bahan:

  • Abu gosok 1 sendok makan
  • Garam secukupnya

Cara membuat:

  1. Campurkan abu gosok dengan sedikit garam, lalu aduk kedua bahan tersebut hingga rata.
  2. Tetesi air sedikit demi sedikit hingga bahan memiliki teksur seperti salep.

Cara penggunaan:

  1. Gosoklah gigi dengan obat ini dengan menggunakan sikat gigi
  2. Lakukan perawatan ini rutin selama 2 minggu.
Loading...
Loading...