Cara Menanam Anggur Dalam Pot


PertaniankuCara menanam anggur dalam pot memang tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Namun ketika anggur tumbuh dengan baik, maka kita bisa mendapatkan hasil dan kepuasan nantinya.

cara menananm anggur dalam pot
Pertanianku

Anggur adalah salah satu jenis buah yang memiliki nilai jual cukup tinggi terlebih untuk jenis anggur merah. Buah ini merupakan salah satu jenis buah yang bisa ditanam pada media apa pun. Namun, dalam setiap penanamannya dibutuhkan perhatian khusus.

Tanaman anggur masuk dalam jenis tanaman merambat, maka Anda membutuhkan area yang cukup untuk menanamnya. Salah satunya yang bisa dijadikan media tanam anggur ialah pot. Namun, ada banyak pertimbangan yang harus dilakukan sebelum Anda memulai menanam anggur pada media pot di rumah Anda. Menanam buah ini tidak mudah sehingga Anda harus memiliki persiapan matang.

Berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menanam anggur pada sebuah pot yang bisa Anda tiru.

Cara pertama yang harus dilakukan sebelum menanam anggur ialah memilih pot yang akan digunakan. Pot terbaik untuk menanam anggur adalah jenis pot yang terbuat dari tanah. Dengan jenis pot ini, maka air akan lebih mudah terserap karena pot dari tanah memiliki pori-pori. Selanjutnya, pot harus memiliki ukuran cukup besar dan dengan bentuk yang menarik agar tampilan tanaman lebih indah.

Untuk media tanamnya, gunakanlah pasir yang dicampurkan dengan pupuk kandang. Agar hasil lebih baik, sebelum pasir masuk dalam pot, Anda bisa menggunakan tanah gambut supaya membuat air bisa bertahan lebih lama dan tidak langsung mengalir keluar dari pot.

Langkah berikutnya, yaitu lakukan penanaman dengan cara siapkan terlebih dahulu bibit anggur. Sebisa mungkin bibit tersebut siap tanam atau yang sudah ditanam di polybag. Setelah itu, Anda tinggal menyiapkan media tanamnya.

Baca Juga:  Ternyata Ini Alasan Pupuk Kimia Memicu Pemanasan Global

Lalu, letakkan batu bata atau genting yang sudah dihancurkan di dalam pot. Setelah itu, Anda masukkan media pasir yang sebelumnya sudah disiapkan. Jika media tanam sudah siap, buatlah lubang dengan ukuran besar sebisa mungkin lebih besar dari ukuran polybag yang digunakan untuk pembibitan anggur. Kemudian lepaskan plastik polybag yang digunakan untuk pembibitan.

Biasanya dalam menanam tumbuhan lain yang diambil adalah tunas atau bibitnya. Untuk tanaman anggur, Anda harus menggunakan semua termasuk tanah yang ada pada polybag. Sebab, jika Anda mengambil tanamannya saja, maka bisa membuat tanaman menjadi rusak.

Jika plastik polybag sudah dilepas, letakkan bibit pada lubang yang ada pada pot. Selanjutnya, tutup lubang menggunakan media tanam hingga rapat. Jika benih anggur sudah selesai ditanam, siram pot dengan air hingga media tanam menyusut.

Agar anggur tumbuh dengan baik, Anda harus meletakkan tanaman anggur pada tempat yang mendapat sinar matahari cukup.