Cara Menanam Bawang dengan Kotak Telur


Pertanianku — Bawang merupakan jenis tanaman umbi yang memiliki banyak lapisan. Bawang sudah menjadi bagian wajib pada setiap masakan lokal khas Indonesia. Menariknya, Anda bisa menanam bawang di rumah dengan menggunakan media tanam dari kotak telur bekas yang sering Anda jumpai.

menanam bawang
Foto: Google Image

Berikut merupakan cara menanam bawang menggunakan kotak telur yang sangat mudah untuk diikuti.

Persiapan bibit bawang

Pilihlah bawang dengan kualitas baik. Bawang yang berkualitas memiliki ciri tidak cacat, berukuran besar, dan sudah tua. Setelah itu, siapkan gelas plastik ataupun wadah berisi air hingga agak penuh. Tusukkan lidi di tengah-tengah umbi bawang dan gantungkan bawang di atas gelas dengan mengaitkan ujung lidi pada mulut gelas.

Usahakan bagian bawah bawang, yaitu bagian akar terendam air namun jangan sampai seluruh bagian umbi bawang terendam air. Letakkanlah media pembibitan di tempat yang tidak banyak terkena sinar matahari, Anda juga bisa meletakkannya di ruangan yang gelap. Tunggulah tunas hingga muncul kira kira setinggi 2—5 cm dan bibit siap untuk ditanam di media tanam.

Penanaman bibit bawang

Selain murah dan mudah, dengan menggunakan media kotak telur, Anda bisa membantu melestarikan alam. Hal ini karena dengan menggunakan media kotak telur Anda telah membantu untuk mengurangi limbah industri pertanian dengan pengolahan limbah yang baik dan benar.

Setelah media tanam siap, Anda bisa mulai membuat lubang tanam pada media tanam menggunakan alat seperti sekop kecil ataupun dengan tangan Anda. Setelah itu, Anda bisa mengambil bibit yang telah siap ditanam. Sebelumnya, pastikan Anda telah melepaskan lidi yang menancap pada umbi bawang dan mencuci bibit dengan air bersih terlebih dahulu.

Baca Juga:  Umbi Bawang Merah Berukuran Besar, Ini Rahasianya!

Setelah bibit siap, masukkan bibit pada lubang tanam dan tutupi lubangnya menggunakan tanah campuran yang sama. Jangan lupa untuk memadatkan tanah terlebih dahulu agat bibit dapat berdiri kokoh.

Perawatan tanaman bawang

Untuk perawatan tanaman bawang dalam kotak telur sangatlah sederhana dan mudah. Anda hanya perlu memastikan bahwa media tanam selalu lembap, namun tidak basah dan pastikan bahwa tanaman bawang terkena sinar matahari yang cukup. Untuk penyiraman pada 3 hari pertama setelah masa tanam, Anda bisa menyiramnya dengan air biasa menggunakan media spray. Untuk hari berikutnya, akan lebih baik jika Anda menyiramnya dengan cairan nutrisi.