Cara Menanam Bayam Jepang Secara Organik

Pertanianku — Bayam jepang atau horenso dapat tumbuh maksimal di dataran tinggi dengan ketinggian 1.000–1.200 m dpl. Namun, Anda masih bisa menanam bayam jepang pada dataran dengan ketinggian kurang dari 1.000 m dpl. Penanaman juga dapat dilakukan pada ketinggian kurang dari 500 m dpl, tetapi pertumbuhannya kurang optimal. Lokasi budidaya harus memiliki suhu 15–30°C serta memiliki tanah yang subur dan gembur.

menanam bayam jepang
foto: Pixabay

Budidaya bayam jepang cukup mudah dilakukan, tidak ada perlakuan spesifik yang harus diberikan. Tanaman dapat tumbuh bagus apabila dibudidayakan di bawah rumah plastik yang dapat melindunginya dari terpaan air hujan. Kunci keberhasilan budidaya bayam jepang adalah benih yang berkualitas, media tanam, dan waktu penyiraman yang tepat.

Benih bayam jepang

Benih yang diimpor dari Jepang memiliki daya kecambah yang relatif tinggi sekitar 85 persen. Sementara itu, benih yang diproduksi sendiri atau benih lokal berdaya kecambah sekitar 60 persen.

Media tanam

Selain benih, Anda harus memperhatikan media tanam yang digunakan. Media tanam yang cocok untuk menanam bayam jepang adalah campuran dari tanah, sekam bakar, dan pupuk kandang yang difermentasikan urine kelinci dengan perbandingan 1:1. Seluruh bahan media tanam tersebut dicampur, kemudian dibuat menjadi bedengan setinggi 20 cm dengan panjang yang menyesuaikan lahan.

Selanjutnya, bedengan tersebut disiram hingga basah. Setelah itu, buatlah lubang tanam dengan jarak tanam 10 cm. Setiap lubang tanam dapat diisi oleh 3–5 benih horenso.

Penyiraman

Penyiraman berikutnya dapat dilakukan ketika tanaman berdaun dua dan media tanam tampak kering. Penyiraman cukup dilakukan seperlunya saja agar akar bayam jepang yang kecil dapat menyerap air. Waktu penyiraman yang tepat adalah pukul 17:30–18:00. Di luar waktu itu, penyiraman dapat menjadi penyebab kegagalan budidaya horenso.

Baca Juga:  Halau Serangan Lalat Buah dengan Daun Wangi Melaleuca bracteata

Horenso tidak perlu diberikan pupuk tambahan karena nutrisi yang tersedia pada media tanam sudah memadai. Anda hanya perlu menyiangi gulma yang tumbuh di areal lahan tanam dan memberikan pestisida hayati ketika tanaman terlihat diserang oleh hama. Panen bayam jepang dapat dilakukan setelah 5–6 pekan ditanam.