Cara Menanam Bibit Buah Naga

Pertanianku — Buah naga sering dipilih oleh para hobiis tanaman buah untuk ditanam di pekarangan rumah karena memiliki bentuk unik serta warna yang indah. Perpaduan warna antara warna daun yang hijau serta warna merah dari buah memikat mata. Selain itu, buah yang dihasilkan bisa dimanfaatkan dan sangat kaya akan vitamin C. Menanam buah naga diawali dengan proses menanam bibit buah naga.

menanam bibit buah naga
foto: Pertanianku

Bibit buah naga bisa Anda dapatkan sendiri dengan teknik perbanyakan tanaman yang sesuai dengan pohon buah naga. Atau, Anda bisa langsung membelinya di toko-toko pertanian terdekat. Biasanya, bibit yang dibeli sudah memiliki kualitas yang baik sehingga Anda hanya perlu melanjutkan proses pemeliharaan.

Sebelum menanam, siapkan media tanam, wadah pot berdiameter 50 cm, media tanam, dan tiang panjat berupa pipa PVC, balok, kayu, atau besi beton. Buah naga merupakan tumbuhan yang merambat sehingga membutuhkan tempat untuk merambat. Komposisi media tanam yang bisa digunakan adalah tanah, pasir, dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1:1. Setelah semua perlengkapan siap, kini saatnya Anda menanam bibit buah naga yang sudah dimiliki.

Loading...
  • Siapkan campuran media tanam yang dibutuhkan. Masukkan pecahan genting atau batu bata ke wadah pot sebagai dasar untuk mencegah keluarnya media tanam bersama air siraman. Masukkan tiang panjat yang sudah disediakan dan letakkan di bagian tengah. Selanjutnya, masukkan pecahan genting hingga setebal 10—15 cm. Lalu, masukkan media tanam yang sudah disediakan hingga mendekati bibir Buatlah lubang tanam sedalam 10—15 cm di bagian tengah.
  • Keluarkan bibit dari polibag dengan cara mengguntingnya dari sisi atas ke bawah. Usahakan media pembibitan terbawa oleh akar tanaman. Masukkan bibit ke lubang tanam yang sudah dibuat. Lalu, ikatkan batang tanaman pada tiang panjat.
  • Ratakan media tanam hingga tidak ada rongga dan padat. Siram media tanam dan tanaman dengan air bersih untuk menjaga kelembapan akar tanaman. Letakkan tanaman di tempat yang ternaungi hingga muncul tunas baru. Setelah bertunas, pindahkan tanaman di area terbuka yang terkena sinar matahari langsung.
Baca Juga:  Jaboticaba, Buah Anggur Pohon Asal Brazil

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Loading...
Loading...