Cara Menanam Bibit Lengkeng Merah di Pot

Pertanianku — Lengkeng merah bisa dijadikan tabulampot atau tanaman buah dalam pot yang cantik. Menanam lengkeng merah di dalam pot tidak begitu sulit, Anda hanya harus menyiapkan seluruh alat dan bahan yang dibutuhkan agar proses menanam bisa berjalan dengan lancar.

menanam lengkeng merah
foto: http://epetani.pertanian.go.id/

Persiapan yang harus disediakan adalah media tanam, bibit, dan pot. Media tanam yang bisa digunakan adalah campuran dari tanah, pupuk kandang, moss, dan sekam bakar dengan komposisi 1-1-1-1 atau campuran tanah, pasir, pupuk kandang, dan sekam bakar dengan komposisi 1-1-2-1.

Anda juga bisa mendapatkan media tanam dengan mudah di toko sarana pertanian. Biasanya, media tanam tersebut sudah dalam bentuk formula yang sesuai dengan pohon buah sehingga Anda tidak perlu repot-repot mencampur bahan media tanam terlebih dahulu.

Loading...

Pot yang digunakan harus disesuaikan dengan ukuran tanaman. Material pot yang bisa digunakan adalah plastik, seng, atau kayu. Pada dasarnya bahan pembuat pot tidak dapat memengaruhi pertumbuhan tanaman, tetapi bahan pembuat pot memengaruhi daya tahan pot tersebut untuk menunjang pertumbuhan tanaman. Anda bisa menyesuaikan pot dengan selera sendiri.

Setelah media tanam dan pot sudah ada, langkah selanjutnya adalah menanam bibit lengkeng merah yang sudah Anda miliki.

Masukkan media tanam ke pot hingga ketinggiannya mencapai ½ dari tinggi pot. Selanjutnya, ambil bibit yang akan ditanam dan lepaskan polibag yang menempel dengan cara mengguntingnya. Media tanam bibit di dalam polibag sebisa mungkin jangan sampai pecah agar akar tanaman masih menyatu.

Letakkan bibit ke dalam pot, pastikan posisinya berada di bagian tengah. Setelah itu, tambahkan media tanam hingga mendekati bibir pot agar akar dan media tanam bibit bisa tertutup oleh media tanam.

Baca Juga:  Anggrek Phalaenopsis, Tanaman Hias Unggulan Eksotik Indonesia

Untuk menopang bibit yang baru ditanam agar tidak rubuh, pasang ajir tanaman dan ikat batang tanaman ke ajir tersebut dengan tali rafia. Anda juga bisa memberikan furadan dengan dosis yang sesuai anjuran untuk mencegah serangan hama.

Siram tanaman hingga airnya keluar dari bagian bawah pot. Letakkan pot di bagian yang teduh dan biarkan tanaman di tempat teduh hingga tunas tanaman tumbuh. Setelah tunas baru tumbuh, pindahkan tabulampot ke tempat yang disinari matahari.

Untuk bertanam lengkeng merah, Anda bisa langsung mendapatkan bibit lengkeng merah di Toko Trubus. Sebagai solusi pertanian, Toko Trubus menyediakan beragam kebutuhan sarana produksi pertanian, mulai dari bibit dan benih beragam tanaman, media tanam, pupuk, pestisida, hingga perlengkapan berkebun lainnya.  Untuk informasi lebih lengkap, Anda bisa menghubungi WhatsApp admin Toko Trubus atau kunjungi langsung Toko Trubus terdekat di kota Anda.

 

Loading...
Loading...