Cara Menanam Bunga Dahlia di Pot


Pertanianku — Bunga dahlia biasanya akan mekar di musim panas hingga tiba saatnya musim gugur. Bunga ini dikenal di dunia sebagai bunga nasional dari Negara Meksiko. Banyak orang yang sengaja mencari cara menanam bunga dahlia karena ingin menanam sendiri bunga dahlia di kebun atau pekarangan rumah.

cara menanam bunga dahlia
Shutterstock

Bunga dahlia yang berkembang di Indonesia tidak serta merta bertujuan sebagai penghias pekarangan atau kebun rumah saja. Banyak orang yang berusaha sekuat tenaga membudidayakannya untuk tujuan komersil. Tanaman cantik satu ini sangat membutuhkan tempat yang terbuka karena memerlukan banyak sinar matahari tanpa ada kendala tertentu.

Dahlia sendiri bisa saja tumbuh di tanah lempung berpasir yang memiliki kandungan humus dan memiliki tata udara yang sangat baik dan lahan yang gembur. Sementara, untuk keasaman tanah yang baik, yaitu sekitar pH 6,0—8,0. Tanaman ini hanya bisa tumbuh dengan sangat baik di daratan tinggi yang memiliki ketinggian sekitar 700—1.000 meter dpl.

Ada beberapa teknik penyemaian bibit dahlia. Namun, kali ini yang akan dibahas adalah teknik perbanyakan generatif dengan memakai benih. Cara ini umumnya dilakukan pada tanaman dahlia mini untuk memperoleh warna bunga yang lebih cantik dan lebih bervariasi.

Biasanya benih diambil dari tanaman dahlia yang sangat sehat dan telah berusia 5 bulan, kemudian benih tersebut langsung disemai tepat di tempat yang telah ditentukan.

Bedengan persemaian sengaja dibuat tepat di atas tanah dengan panjang satu meter. Bedengannya sendiri dibuat dari hasil percampuran pupuk kandang dengan humus dan tanah yang subur dengan takaran sama 1:1:1.

Buatlah bedengan dengan tinggi sekitar 5 sentimeter. Setelah itu, sebarkan bibit tanaman dahlia secara merata tepat di atas bedengan lalu tutupi permukaannya tipis-tipis saja dengan tanah.

Baca Juga:  Purwakarta Targetkan 1.000 Hektare Lahan Pertanian Organik

Cara menanam bunga dahlia di pot

Bagi Anda yang ingin menanam dahlia di sebuah pot, tiba saatnya untuk membahas cara menanam bunga dahlia di pot. Simak langkah-langkahnya berikut ini.

Pertama, rendam terlebih dahulu umbi dahlia di dalam air yang bersih yang dicampur fungisida dan ZPT. Siapkan sebuah pot dan juga media tanam, usahakan bila potnya berukuran besar setidaknya memiliki diameter sekitar 30 centimeter. Untuk media tanaman, Anda bisa mencampurkan tanah dengan arang sekam dan juga kompos.

Tanamanlah umbi dengan baik, namun jangan sampai bagian tunasnya ikut terkubur. Pastikan tunas berada di atas dekat dengan permukaan atas tanah. Selain itu, posisikan umbinya miring ataupun berbaring karena pada posisi inilah umbi dahlia tumbuh.

Di tiga hari pertama, Anda bisa meletakkan tanaman di tempat yang teduh terlebih dahulu. Setelah itu, barulah nanti dipindahkan ke tempat yang lebih terbuka. Siram tanaman seperlunya saja di saat tanaman memang membutuhkannya.

loading...
loading...