Cara Menanam Bunga Matahari dengan Tepat


Pertanianku Cara menanam bunga matahari cukup mudah karena tanaman ini mudah tumbuh dan ketika berbunga selalu bergerak mengikuti arah matahari. Mungkin inilah salah satu alasan mengapa dinamakan dengan bunga matahari.

cara menanam bunga matahari
Pixabay

Bunga matahari bisa tumbuh dimana saja pada ketinggian 0,5—4,5 meter tergantung varietas dan biji–bijiannya, bahkan dapat dipanen dan dikonsumsi sebagai cemilan yang cukup lezat. Bagi Anda yang tertarik untuk menanam bunga matahari, simak ulasan berikut ini.

  1. Siapkan benih bunga matahari

Pertama-tama, Anda harus melakukan pemilihan benih. Pilihlah jenis bunga matahari yang cocok dengan kebutuhan kebun Anda. Meskipun sebagian besar jenis bunga matahari tumbuh sampai beberapa meter, ada beberapa jenis bunga matahari berukuran kecil dan tingginya di bawah 1 meter.

Beberapa jenis bunga matahari yang terkenal, antara lain mammoth, fiesta del sol, autumn beauty, bigsmile, sunbeam, dan teddy bear. Ada pula jenis lainnya seperti early russian, pacino gold, velvet queen, red sun, music box, giant sungold, moonwalker, chocolate sunflower, valentine, margarita azul, ring of fire sunflowers, taiyo, indian blanket, earth walker, cherry rose

  1. Siapkan lahan terbuka

Menanam bunga matahari sebaiknya dilakukan di lahan terbuka. Pilihlah lahan yang terkena sinar matahari langsung. Bunga matahari tumbuh dengan subur pada iklim hangat hingga panas. Iklim dengan musim panas yang panjang sangat cocok untuk menumbuhkan bunga matahari. Namun, sesungguhnya bunga matahari dapat hidup di mana saja asal tekstur tanah subur dan rutin menerima penyiraman air.

Selain itu, agar bunga matahari tumbuh dengan baik, maka tempatkan tanaman ini di tempat yang terlindungi dari angin. Misalnya di sepanjang pagar, di samping rumah, atau di belakang barisan pohon yang kuat.

  1. Tanam bunga matahari di tanah yang baik
Baca Juga:  Cara Menanam Kacang Tanah Agar Hasil Panen Melimpah

Bila Anda menanam bunga matahari di lahan yang terbuka, sebaiknya memakai cara penanaman benih biji dengan memakai media lubang maksimum 1, 5 sentimeter. Disarankan untuk menggunakan tanah humus yang baik, yaitu yang sebelumnya sudah dibasahi dengan air.

Jarak yang ideal untuk menanam bunga matahari ialah 45 sentimeter. Anda harus detail memperhatikan hal ini. Sebab, bila jaraknya terlalu dekat, akan memengaruhi proses tumbuh bunga matahari.

Dalam setiap lubang, Anda dapat memasukkan 2 biji benih bunga matahari. Jangan sampai lupa untuk rutin melakukan penyiraman. Sekitar 14 hari kemudian, Anda dapat melihat kemajuan benih yang Anda tanam.

  1. Berikan pupuk dan siram secara teratur

Setelah Anda selesai melakukan penanaman, jangan lupa untuk memupuk bunga matahari yang Anda tanam agar bisa tumbuh subur dan terhindar dari hama. Ketika tanaman sudah berusia 3 bulan, maka tunas-tunas bunga matahari sudah mulai bermunculan. Untuk itu, Anda dapat memotong tunas-tunas bunga yang dianggap kurang bagus dalam pertumbuhannya.

Berikutnya, Anda hanya perlu menunggu untuk menikmati hasil mekarnya bunga matahari yang telah Anda tanam. Jika bunga mataharinya tumbuh sumbur, maka halaman rumah Anda akan terlihat lebih ceria.

loading...
loading...