Cara Menanam dan Merawat Monstera Delciosa


Pertanianku — Saat ini, tanaman indoor memang tengah banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Tren merawat tanaman di dalam ruangan juga cukup ramai di pasar jual beli tanaman hias. Salah satunya adalah tanaman monstera deliciosa.

monstera deliciosa
Foto: Unsplash

Selain membuat suasana menjadi lebih sejuk, tanaman hias yang diletakkan di dalam ruangan juga dipercaya bisa mendongkrak produktivitas dan meningkatkan kebahagiaan.

Tingginya permintaan tanaman indoor kepada plantshop atau petani tanaman hias membuat harga tanaman-tanaman ini juga ikut melesat tinggi. Nah, tanaman monstera deliciosa menjadi primadona di pasar jual beli, baik itu offline (tradisional) maupun online.

Bentuknya yang seperti “monster” karena ukuran daunnya yang terbilang besar ini akan sangat menarik jika dipadukan dengan pot tawon. Tanaman yang berasal dari hutan tropis di selatan Meksiko sampai selatan Panama ini bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin memiliki taman yang indah atau ruangan yang lebih hijau.

Sebenarnya tanaman monstera deliciosa merupakan salah satu tanaman yang merambat atau memanjat. Batangnya memiliki akar yang membuat tanaman ini dapat merambat untuk menyerap air dan nutrisi yang diperlukan.

Bentuk daun tanaman monstera deliciosa cukup unik karena memiliki daun yang bulat dan lebar berwarna hijau pekat, terdapat juga tekstur yang mirip sobekan-sobekan pada daunnya yang setiap jenis atau varietas monstera memiliki pola sobek yang berbeda-beda. Tentunya tanaman unik ini dapat memberi kesan ekslusif pada ruangan Anda.

Monstera deliciosa dapat hidup dengan baik di tempat yang memiliki suhu 23 sampai dengan 30 derajat Celcius pada siang hari, dan 15 derajat Celcius pada malam hari.

Perawatan tanaman monstera juga sama dengan jenis tanaman lain, yakni dengan penyiraman secara rutin. Cukup 2 hari 1 kali dengan kadar air sedang jika di dalam ruangan dan bisa 2 kali sehari jika di luar ruangan dengan kadar air sedang. Monstera membutuhkan pemupukan berkala dan kita perlu menghindarkannya dari berbagai macam jenis hama serta penyakit yang mengancam.

Baca Juga:  Ingin Alpukat Berbuah di Segala Musim? Begini Cara Merawatnya

Media tanam monstera tidak jauh berbeda dengan jenis tanaman hias lainnya. Media tanah yang baik digunakan untuk tanaman ini, yaitu terbuat dari campuran tanah dengan pasir serta kompos dengan perbandingan satu banding satu.