Cara Menanam Durian dari Biji Tapi Cepat Berbuah

Pertanianku — Untuk bisa memaksimalkan hasil dalam menanam buah durian, tentunya kita selalu mengharapkan sebuah langkah yang bisa mempercepat buah tersebut berbuah. Apalagi, jika Anda berniat menanam durian dari biji.

menanam durian dari biji
Foto: Shutterstock

Sejatinya, durian akan lebih efektif bila ditanam pada ketinggian 800 m dpl disertai dengan pH tanah antara 5—7. Apabila kriteria tersebut sudah termasuk di daerah yang akan hendak ditanam, berikut ini tahapan dalam menanam durian dari biji supaya cepat berbuah.

Pembibitan durian

Ada beberapa yang harus diperhatikan sebelum melakukan sebuah proses pembibitan seperti menentukan bibit durian yang unggul, menyiapkan benih, dan penyemaian bibit durian.

Proses penanaman bibit durian

Dalam proses ini, kita harus mempersiapkan media tanam yang baik, hal ini agar durian yang ditanam bisa tumbuh dengan sempurna dan menghasilkan buah yang baik. Pastikan media tanam bersih sebelum bibit durian ditanam. Pastikan saluran air baik, agar air tidak tergenang ketika hujan datang. Untuk mengantisipasi adanya jamur, Anda perlu menyemprotkan Basamid.

Jarak penanaman bibit yang baik adalah sekitar 10—12 m. Pastikan membuat lubang untuk proses pemindahan bibit. Pastikan untuk menutup dengan jerami apabila bibit telah dimasukkan ke media tanam. Pastikan bibit durian disiram air secukupnya. Pastikan bibit durian ditanam pada tanah yang telah disertai bedengan agar air tidak menggenang.

Perawatan pohon durian

Untuk bisa menghasilkan buah durian yang unggul dan sehat, hal yang perlu dilakukan adalah dengan merawatnya secara konsisten. Melakukan penyiraman pada durian bisa disiram dalam satu kali dalam sehari, apabila bibit durian lebih dari satu bulan, penyiraman bisa dilakukan 2—3 kali per minggu.

Jangan melakukan penyiraman secara berlebihan, hal ini untuk mengantisipasi air tidak tergenang. Lakukan penjarangan pada durian supaya kualitas buah durian bisa lebih baik. Hal ini bisa dilakukan dengan menyemprotkan Auxin A pada bunga sebelum dibuahi.

Baca Juga:  Bikin Gemas! Instagram Ini Isinya Deretan Cowok Ganteng dengan Durian

Lakukan pemangkasan untuk bisa menghambat pertumbuhan secara vegetatif. Lakukan langkah ini ketika awal masa berbunga supaya hasil panen maksimal. Anda bisa melakukan penyiangan tanaman liar yang ada pada pohon durian. Hal ini dilakukan supaya tidak menghambat perkembangan pohon. Pastikan untuk memberikan pupuk supaya hasil buah lebih berkualitas. Pemberian pupuk jenis NPK akan lebih optimal bila dilakukan setiap 4 bulan sekali.

Loading...