Cara Menanam Durian Musang King

Pertanianku — Cara menanam durian musang king hampir sama seperti cara menanam pohon durian pada umumnya. Anda harus mempersiapkan lahan dan lubang tanamnya terlebih dahulu, seperti menambahkan antihama, antijamur, kapur dolomit, dan pupuk kompos, lalu diamkan selama dua minggu.

menanam durian musang king
foto: Toko Trubus

Pengolahan lahan tersebut berfungsi untuk memperkaya kandungan bahan organik di dalam tanah dan membunuh semua hama dan jamur yang dapat berpotensi menyerang bibit.

Semua bahan tersebut dimasukkan ke lubang tanam yang berukuran 50 cm × 50 cm × 50 cm. Urutan yang harus dimasukkan terlebih dahulu ke lubang tanam adalah kapur dolomit, antihama, antijamur, dan terakhir pupuk kandang. Semua bahan tersebut, mulai dari pupuk kompos, pupuk hayati, antihama, antifungi, hingga kapur dolomit tersedia di Toko Trubus.

Pupuk kompos yang digunakan sebaiknya dicampur dengan pupuk hayati agar kerja pupuk tersebut lebih maksimal. Pupuk yang digunakan harus sudah benar-benar terfermentasi.

Setelah semua bahan dimasukkan, diamkan lubang tanam selama dua minggu. Selanjutnya, lubang tanam baru bisa digunakan.

Saat Anda menanam bibit, pastikan media tanam yang ikut bersama bibit tidak pecah. Bibit durian musang king sangat rentan mengalami stres akibat perubahan kondisi. Anda harus melepas plastik polibag yang melekat pada bibit dengan perlahan dan hati-hati.

Bibit yang baru ditanam memerlukan naungan seperti pohon penaung sementara. Hal ini karena bibit masih rentan dan bisa terbakar jika suhu udara cukup tinggi mencapai 33°C ke atas. Penaung diberikan hingga bibit berumur satu tahun ke atas. Cara yang paling aman untuk menghindarkan daun bibit gosong akibat terbakar cuaca yang panas, Anda bisa menanam bibit ketika musim hujan saat intensitas cahaya matahari tidak terlalu tinggi.

Baca Juga:  Sejukkan Rumah dengan Menanam Pohon Anggur di Pekarangan

Hingga saat ini masih jarang orang yang menanam durian musang king sebagai tanaman buah dalam pot (tabulampot). Penanaman durian musang king sebagai tabulampot masih dalam tahap penelitian dan hanya dilakukan oleh pehobi tanaman buah, tidak dilakukan oleh pekebun buah komersil.

Untuk mendapatkan bibit durian musang king berkualitas dan keperluan berkebun durian, Anda bisa langsung mengunjungi Toko Trubus terdekat di kota Anda. Toko Trubus menyediakan bibit durian musang king berkualitas. Sebagai solusi pertanian, Toko Trubus menyediakan berbagai keperluan bercocok tanam, mulai dari bibit dan benih tanaman, pupuk dan pestisida, hingga perlengkapan berkebun lainnya.

Selain mengunjungi Toko Trubus, Anda juga bisa mendapatkan keperluan bertanam durian secara online melalui www.tokotrubus.co.id. Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi WhatsApp admin Toko Trubus.


loading...