Cara Menanam Jahe di Rumah

Pertanianku — Jahe merupakan tanaman rimpang yang sangat mudah ditanam di rumah. Menanam jahe dapat dilakukan dari rimpang yang sudah dipilih dan siapkan untuk ditanam kembali. Jika Anda ingin mendapatkan pohon yang berkualitas, gunakan bibit yang berkualitas juga.

menanam jahe
foto: unsplash

Untuk mendapatkan bibit jahe berkualitas, sebaiknya ikuti beberapa persyaratan yang diajukan untuk kriteria bibit berkualitas. Bibit berkualitas diambil dari tanaman yang sudah tua dan berumur sekitar 10 bulan.

Pohon induk bibit sehat dan tidak terserang hama serta penyakit sehingga kualitas rimpang yang digunakan pun tidak sakit. Sebaiknya, gunakan bibit yang diambil dari kebun, bukan dari pasar. Pilihlah bibit yang memiliki tampilan fisik bagus, tidak ada cacat luka ataupun lecet.

Loading...

Penanaman jahe dapat dilakukan dengan bibit yang sudah disemai terlebih dahulu ataupun langsung dari rimpang yang baru saja dipanen. Penanaman rimpang dapat langsung dilakukan ke dalam lubang tanam. Sementara, bibit semai harus melewati proses penyemaian terlebih dahulu sebelum ditanam pada lubang tanam.

Penanaman jahe yang dilakukan dengan cara langsung menanam rimpangnya memiliki beberapa kelebihan serta kekurangan. Kelebihan menanam jahe langsung dari rimpang adalah pengadaan dan pengangkutan lebih mudah. Anda hanya perlu menanam kembali rimpang yang baru saja ditanam tanpa perlu menyemai ulang bibit sehingga proses penanaman pun menjadi lebih praktis.

Penanaman dengan sistem ini pun dapat dilakukan sesuai dengan kebutuhan volume atau jumlah berat jahe yang Anda inginkan.

Namun, kekurangan dari penanaman secara langsung oleh rimpang adalah rimpang yang mudah busuk atau rusak apabila disimpan dengan tidak hati-hati. Jika ditanam dari rimpang berkualitas jelek, akan menghasilkan tumbuhan yang tidak bagus. Selain itu, tanaman belum memiliki kepastian dapat tumbuh sempurna dan waktu budidaya pun lebih lama.

Baca Juga:  Cara Memelihara Pohon Terung yang Ditanam Secara Organik

Menanam jahe langsung dari rimpang sangat mudah untuk dilakukan. Anda hanya perlu membuat lubang tanam sedalam 3 cm dengan tugal di atas media tanam berjarak 60 cm × 40 cm. Selanjutnya, masukkan rimpang jahe yang sudah diseleksi secara rebah dengan tunas menghadap ke atas. Jumlah rimpang yang dimasukkan ke satu lubang tanam adalah satu rimpang.

 

 

 

 

 

 

Loading...
Loading...