Cara Menanam Kacang Jogo

Pertanianku— Kacang jogo juga dikenal dengan sebutan kacang merah atau kacang garut. Polong kacang jogo sering digunakan untuk campuran sayur. Lokasi yang tepat untuk menanam kacang jogo adalah dataran rendah hingga dataran tinggi (1.200 m dpl) yang beriklim basah hingga agak kering dengan suhu udara 18–30C. Jenis tanah yang disukai tidak terlalu kering dengan derajat keasaman (pH) 5,5–6,5. Simak cara menanam kacang jogo.

menanam kacang jogo
foto: Pertanianku

Pengolahan lahan

Lahan perlu dicangkul sedalam 30 cm, lalu berikan pupuk kandang 10–20 ton/hektare, aduk hingga merata dengan tanah. Anda tidak perlu membuat bedengan, tetapi perlu berikan selokan pembuangan air hujan yang berlebihan agar tidak ada genangan air pada lahan. Buatlah lubang tanam dengan tugal, jarak tanam yang digunakan adalah 30 cm × 60 cm atau 40 cm × 50 cm.

Penanaman

Satu lubang diisi oleh dua biji kacang jogo, kemudian tutup lubang dengan tanah tipis saja. Setelah 5–7 hari, biji tersebut akan tumbuh. Waktu penanaman yang ideal adalah menjelang akhir musim hujan atau menjelang awal musim kemarau. Kacang jogo biasanya ditanam setelah panen tanaman jagung atau padi. Penanaman pada musim hujan akan menyebabkan tanaman rentan terserang penyakit busuk pada leher batang.

Perawatan tanaman

Tanaman kacang jogo tidak memerlukan ajir karena pendek dan tidak mudah roboh. Tanaman hanya perlu diberikan pupuk secara rutin. Pemupukan yang diberikan adalah 4,4 g urea + 6,7 g TSP + 2,2 g KCl per tanaman. Pupuk diberikan dua kali, yaitu pada saat tanaman berumur 15 hari dan 35 hari setelah tanam. Tiap periode diberikan setengah dosis pupuk. Pemberian pupuk dapat dilakukan bersamaan dengan penyiangan gulma.

Gulma yang tumbuh di sekitar tanaman harus dibersihkan agar pupuk tidak diserap oleh gulma. Penyiangan sebaiknya dilakukan bersamaan dengan memperbaiki selokan atau parit yang rusak karena erosi.

Baca Juga:  Halau Serangan Lalat Buah dengan Daun Wangi Melaleuca bracteata

Kacang jogo yang belum tua, rentan terserang hama seperti penggerek polong dan kutu kuning. Sementara itu, bunga tanaman rentan diserang kutu hitam yang dapat menggagalkan panen.