Cara Menanam Kacang Kedelai di Pot atau Polibag


Pertanianku — Kedelai menjadi salah satu polong-polongan yang banyak dilirik oleh industri pangan. Oleh karena itu, budidaya kedelai akan sangat menguntungkan dan menjanjikan. Namun, bagi Anda yang hanya ingin menikmatinya bersama keluarga, Anda bisa menanam kedelai di pot atau polibag.

menanam kedelai di pot atau polibag
Foto: Pixabay

Syarat tumbuh kedelai

Di Indonesia, tanaman kedelai dapat tumbuh dengan baik di daerah dataran rendah hingga daerah dengan ketinggian 1.200 m dpl. Suhu optimal bagi pertumbuhan tanaman kedelai sekitar 25°C hingga 30°C, curah hujan berkisar antara 150 mm—200 mm/bulan dengan lama penyinaran matahari 12 jam/hari, dan kelembapan rata-rata (RH) 65 persen. pH bagi pertumbuhan kedelai dan bakteri Rhizobium adalah 6,0—6,8.

Pemilihan benih bibit kacang kedelai

Kualitas benih sangat menentukan kualitas kedelai pula. Oleh karena itu, agar dapat memberikan hasil yang memuaskan, harus dipilih varietas kedelai yang sesuai dengan kebutuhan, mampu beradaptasi dengan kondisi media tanam, memiliki daya tumbuh yang cepat dan seragam, serta memenuhi standar mutu benih yang baik.

Persiapan tempat tanam dan media tanam kacang kedelai

Tempat tanam yang perlu disiapkan dapat berupa pot, polibag, atau wadah yang sudah tidak terpakai dengan ukuran minimal sekitar 30 cm. Bagian bawah tempat tanam diberi lubang agar air dapat mengalir.

Siapkan media tanam berupa campuran tanah, pupuk kandang/pupuk kompos, sekam padi dan arang dengan perbandingan 1:1:1. Semua bahan tersebut diayak agar didapatkan media tanam yang halus, aduk hingga semua bahan tercampur rata. Selain itu, tambahkan pula pupuk urea sekitar 3 sendok/pot tanam.

Jika sudah, selanjutnya masukkan media tanam ke pot/polibag tanam. Setelah itu, lakukan penyiraman secukupnya dan diamkan.

Cara menanam kacang kedelai dalam pot/polibag

Baca Juga:  Karawang Alokasikan Rp1,3 Miliar untuk Asuransi Usaha Tani Padi

Jika semuanya sudah siap, segera lakukan penanaman. Buatlah lubang tanam, tapi jangan terlalu dalam agar tidak menghambat pertumbuhan kecambah, kemudian masukkan sekitar 4 biji kedelai/polibag tanam.

Cara merawat kedelai dalam pot/polibag

Lakukan penyiraman setiap 10 hari sekali untuk suhu normal dan dapat ditingkatkan apabila suhu tinggi agar terjaga kesegarannya. Jangan sampai tergenang karena dapat menyebabkan pembusukan tanaman.

Lakukan pemupukan dengan menggunakan pupuk urea, TSP, dan KCl dengan perbandingan 1:2:1 atau sesuai kebutuhan tanaman. Pemupukan ini dilakukan selama tiga periode, yaitu pemupukan dasar, setelah 25 hari tanam, dan saat tanaman kedelai berumur 40—45 hari setelah tanam.