Cara Menanam Kurma di Indonesia agar Berbuah Lebat


Pertanianku — Kurma yang merupakan buah asal Timur Tengah ini memang sudah tidak asing lagi. Keberadaannya sangat populer, apalagi saat bulan puasa tiba. Namun demikian, menanam kurma di Indonesia memang bukanlah hal mudah. Bukan berarti pohon kurma tidak bisa ditanam di Indonesia juga.

menanam kurma di Indonesia
Foto: Pixabay

Untuk menanam pohon kurma, ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan. Berikut langkah-langkahnya yang bisa Anda tiru dan langsung praktikkan di rumah.

  1. Menyiapkan bji kurma untuk pembibitan

Menanam pohon kurma bisa dimulai dari menyediakan bibitnya dan bisa berasal dari biji. Dengan biji inilah, pohon kurma akan ditanam. Setelah biji siap, selanjutnya Anda perlu melakukan perendaman. Perendaman bisa dalam waktu 2×24 jam atau lebih.

  1. Penyimpanan dalam wadah

Langkah selanjutnya, yaitu menyiapkan wadah. Usahakan wadah tersebut memiliki kelembapan yang cukup. Untuk menjaga hal ini, Anda bisa menambahkan tisu basah dan cek kelembapannya tiap waktu. Setelah itu, pada biji kurma biasanya akan muncul tunas kira-kira 1 minggu setelah proses ini berlangsung.

  1. Memindahkan ke polibag

Setelah ukuran tunas lumayan besar, pindahkan dari wadah yang sebelumnya ke wadah lain, misal polibag atau pot kecil. Sediakan media tanam yang pas untuk pemindahan bibit ini. Kemudian, setelah tumbuh daun kira-kira mencapai setengah meter, pindahkan bibit kurma ke lahan atau pekarangan yang sudah disiapkan.

  1. Melakukan penyerbukan

Pohon kurma tidak akan berbuah jika tidak dilakukan pendebungan (dikawinkan antara kurma jantan dan betina). Dalam hal ini tentu dibutuhkan proses penyerbukan yang bisa dilakukan melalui angin dan juga serangga. Penyerbukan ini juga bisa dilakukan oleh Anda sendiri, yaitu dengan mengikatkan bunga jantan dan betina. Kemudian, dilanjutkan dengan merontokkan serbuk sari jantan ke betina.

  1. Pemeliharaan pohon kurma
Baca Juga:  Sukses Perbanyak Anakan Padi dengan Cara Ini

Ketika pohon kurma sudah berbuah, lakukan beberapa perawatan. Hal ini bisa dilakukan dengan cara memberinya pupuk dan menghindarkan dari gangguan burung dan lalat. Selain itu, pemangkasan juga bisa dilakukan untuk menjaga buah kurma yang sudah besar. Buah kurma yang kecil-kecil dibuang agar buah yang berukuran besar semakin bagus pertumbuhannya.

Hal yang perlu diketahui adalah kurma dapat tumbuh di iklim yang panas dan kering serta toleran terhadap tanah basa. Walaupun demikian, kondisinya tanah harus tetap memiliki cukup air. Suhu rata-rata agar kurma dapat tumbuh, yaitu 12,7—27,5° C dan dapat bertahan hingga 50° C. Sementara, saat penyerbukan hingga pematangan, suhu idealnya, yaitu dari kisaran 21—27° C.