Cara Menanam Labu Siam Untuk Pemula


Pertanianku — Siapa yang tidak tahu labu siam, hampir semua orang mengenal tanaman ini. Buah dari tanaman ini biasanya dijadikan sayur sebagai pendamping nasi. Labu siam ini juga banyak dibudidayakan oleh para petani. Cara menanam labu siam juga terbilang mudah bagi pemula sekalipun.

cara menanam labu siam
Pertanianku

Labu siam merupakan tanaman merambat yang tidak membutuhkan perawatan yang rumit, hama tanaman ini juga sedikit. Buah labu siam memiliki bentuk bulat dengan kulitnya yang bergelombang.

Tanaman daerah tropis ini sangat cocok dan dapat tumbuh subur di tanah Indonesia. Jika Anda hendak membudidayakan tanaman labu siam, maka Anda perlu mempersiapkan lahan yang akan dijadikan tempat untuk menanamkannya. Luas lahan tergantung jumlah labu yang akan ditanam.

Setelah mempersiapkan lahan, Anda harus menyiapkan benih labu siam. Perkembangbiakan labu siam biasanya menggunakan buahnya. Untuk itu, Anda harus mencari buah labu siam yang tua.

Jika Anda tinggal di kota, maka Anda bisa membeli labu siam yang sudah tua di pasar. Setelah Anda dapatkan benih, biarkan buah labu siam tersebut mengeluarkan tunas baru.

Setelah tunas muncul pada benih-benih labu siam, maka langkah selanjutnya adalah menanamkan benih tersebut ke lahan yang sudah Anda siapkan. Sebelumnya, lahan disiangi agar menanamnya tidak kerepotan. Sebab, pohon labu siam nanti akan merambat dan batang-batang serta daunnya melebar atau mengembang banyak. Maka, jarak penanaman labu siam yang baik, yaitu sekitar 2 meter.

Setelah tunas-tunas labu siam sudah agak panjang kira-kira 6 sentimeter, jangan lupa untuk memberikan bambu di sampingnya untuk tempat rambatan taaman labu. Ingat, dalam budidaya labu siam ini harus diberi rambatan agar tidak merambat di tanah.

Apakah ada pengaruhnya terhadap hasil buahnya antara merambat di tanah dan merambat di tempat (bambu) menjalar? Jawabannya adalah tidak. Hanya saja, jika labu siam menjalar di tanah, maka tidak terlihat rapi. Labu siamnya pun menjadi kotor karena tergeletak di atas tanah.

Baca Juga:  Pemanfaatan TIK untuk Dukung Investasi dan Ekspor Pertanian