Cara Menanam Lavender dari Setek


    Pertanianku — Tanaman lavender dapat menambah kecantikan pada kebun Anda. Mereka juga memiliki aroma yang wangi. Tahukah Anda, tanaman lavender ternyata bisa ditanam dengan cara setek. Lalu, bagaimana cara menanam lavender dari setek?

    cara menanam lavender dari setek
    Foto: Pixabay

    Lavender ternyata tidak hanya berguna untuk tujuan dekoratif, tanaman ini juga berguna sebagai obat. Minyak lavender bermanfaat untuk mengurangi kecemasan dan depresi.

    Jika Anda berencana membeli lavender, harganya cukup mahal. Untungnya, Anda bisa menanam lavender di kebun Anda sendiri atau di dalam pot.

    Bagaimana menumbuhkan lavender di luar rumah atau di dalam rumah dengan pot? Simak uraian berikut.

    1. Menanam lavender

    Anda bisa mengambil potongan lavender sebelum tanaman itu berbunga. Ambil pot kecil dan isi dengan kompos (vermikulit, sisik hortikultura, lumut gambut). Tambahkan sedikit air untuk membuatnya lembap. Buat lubang kecil sedalam sekitar 1 sampai 2 inci di tanah untuk menanam potongan lavender.

    1. Cara memotong lavender untuk setek

    Anda bisa memotong tanaman sehat yang matang. Gunakan pisau tajam untuk memotong cabang kecil dari bagian bawah tanaman (7—9 sentimeter panjangnya). Pemotongan harus lembut.

    1. Menanam hasil setek lavender

    Buat lubang di tanah di dalam pot. Letakkan potongan lavender di dalam lubang tersebut. Tutup kembali lubang yang sudah ditanami dengan tanah.

    1. Penyiraman

    Anda harus menjaga kelembapan tanah selama beberapa minggu. Setelah itu, Anda bisa menyiraminya lebih jarang. Anda bisa menyiraminya saat tanah mulai kering.

    1. Pindahkan ke pot yang lebih besar

    Pindahkan tanaman lavender ke pot besar saat mulai tumbuh. Anda bisa memindahkannya setelah enam atau tujuh minggu.

    loading...
    loading...