Cara Menanam Mangga Alpukat di Pekarangan

Pertanianku — Mangga alpukat bisa menjadi pilihan pohon buah yang bisa Anda tanam di pekarangan rumah. Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari menanam mangga alpukat di pekarangan rumah. Selain bisa menghasilkan buah yang manis nan lembut, pohon mangga alpukat bisa membuat pekarangan menjadi lebih teduh dan sejuk.

menanam mangga alpukat
foto: pertanianku

Jika di pekarangan sudah ada pohon buah, Anda bisa menggunakan jarak tanam mangga alpukat sekitar 7 m × 7 m. Gunakan ajir sebagai tanda lokasi untuk membuat lubang tanam. Lubang tanam tersebut harus dibuat 1—2 minggu sebelum pohon mangga ditanam dengan cara digali terlebih dahulu. Selanjutnya, biarkan lubang selama 1—2 minggu agar terkena sinar matahari dahulu.

Setelah lubang tanam sudah digali, masukkan campuran pupuk kandang dan tanah dengan perbandingan 1:1 ke dasar lubang tanam. Anda juga bisa menggunakan pupuk kompos atau humus yang dimasukkan ke dasar lubang tanam dan biarkan selama satu minggu.

Loading...

Menanam mangga alpukat bisa dilakukan kapan saja, baik musim kemarau maupun musim hujan. Penanaman sebaiknya dilakukan pada pagi atau sore hari agar bibit tanaman tidak stres karena terjadi penguapan. Penanaman pada sore atau pagi hari dapat menekan angka kematian bibit yang baru ditanam.

Saat lubang tanam sudah siap digunakan, Anda bisa melepaskan polibag bibit mangga alpukat secara hati-hati. Bibit tersebut bisa Anda perbanyak sendiri dari pohon yang sudah ada atau membelinya di toko pertanian. Pelepasan polibag pada bibit jangan sampai merusak akar dan media tanam. Setelah polibag terlepas, masukkan bibit ke tengah lubang tanam.

Masukkan bibit ke lubang tanam dan timbun sekeliling bibit tanaman dengan tanah bekas galian yang sudah dicampur dengan pupuk kandang hingga leher akar. Setelah itu, padatkan media tanam tersebut agar bibit bisa kokoh.

Baca Juga:  Tanaman-tanaman Sayur Ini Mudah Ditanam di Rumah

Siram dengan air jika tanaman dan media tanam terlihat kering. Anda juga bisa memasang ajir bambu jika diperlukan unutk menegakkan batang tanaman. Setelah proses penanaman selesai, Anda perlu memeliharanya secara intensif untuk menghasilkan pohon mangga alpukat yang bisa berbuah dengan optimal.

Untuk bertanam mangga alpukat di pekarangan, Anda bisa mendapatkan bibit mangga alpukat unggul di Toko Trubus. Pada Agustus ini ada diskon 20% untuk pembelian mangga alpukat di Toko Trubus. Selain bibit, Toko Trubus juga menyediakan berbagai kebutuhan berkebun di pekarangan seperti media tanam, pot, pupuk, pestisida, dan perlengkapan lainnya. Segera hubungi WhatsApp admin Toko Trubus atau kunjungi langsung Toko Trubus terdekat di kota Anda.

 

 

Loading...
Loading...