Cara Menanam Melon Sistem Hidroponik Bagi Pemula


Pertanianku — Pernahkah Anda mendengar atau membaca informasi tentang cara menanam melon sistem hidroponik? Melon merupakan tanaman semusim, tanaman yang merambat dan tidak memanjat. Jadi kalau kita menanam melon, meskipun secara hidroponik harus disiapkan lahannya, tempat rambatannya, dan jangan lupa paparan sinar matahari juga sangat dibutuhkan untuk perkembangannya.

menanam melon sistem hidroponik
Foto: Shutterstock

Menyemai melon dapat dilakukan dengan berbagai cara. Semai melon dapat dilakukan dengan media tisu basah, sekam bakar, cocopeat, ataupun dengan menggunakan rockwool.

Siapkan benih melon dan rendam dalam air hangat. Untuk benih yang bagus dan produktif akan tenggelam ke dasar wadah dan buang bibit yang terapung. Biarkan dalam air hanya sampai beberapa saat.

Apabila bibit sudah mulai pecah dan berkecambah, segera kenalkan dengan sinar matahari langsung setidaknya minimal 3—5 jam. Pada saat tanaman sudah berdaun empat, pindahkan  pada media tanam dan beri nutrisi yang encer. Kalau Anda menggunakan sistem NFT untuk pembesaran pertumbuhan akan lebih cepat dibanding sistem wick. Pada usia remaja pindahkan pada sistem dutch bucket.

Agar pertumbuhannya lebih sempurna, rapi, dan indah dipandang dan tidak bertabrakan satu sama lainnya, siapkan lanjaran atau tiang untuk menjalar. Jangan lupa tiap hari diikat ke lanjaran karena pertumbuhannya terus berlangsung.

Bunga jantan biasanya terletak di batang. Bunga betina berada di tunas yang tumbuh antara batang utama dan daun. Lakukan pemotongan (pruning). Tunas yang dipertahankan adalah tunas ke-7 dan 9. Biasanya ada setelah daun ke-11 sampai dengan daun ke-14.

Bagi yang tidak menggunakan greenhouse tidak perlu mengawinkan, cukup percaya saja pada lebah untuk melakukannya. Semua tunas di bawah 7 dibuang dan di atas 9 dibuang. Tunas akan terus timbul meskipun sudah berbuah. Jadi, lakukan pengamatan tiap hari untuk pemangkasan. Kalau ada tunas yang muncul lagi, sebaiknya dibuang saja agar tidak mengganggu pertumbuhan buah.

Baca Juga:  Cara Praktis Menanam Terong di Polibag

Saat buah sudah sebesar telur ayam, daun di tunas disisakan 2 saja. Potong sisanya. Lakukan toping, saat sudah berbuah dan jumlah daun dipertahankan hanya 30 helai. Melon dipanen saat jaring sudah penuh. Pemanenan hanya memerlukan waktu 58 hari atau 2 bulan jika pertumbuhan melon baik.