Cara Menanam Pepaya California di Pot

Pertanianku — Pohon pepaya yang sering Anda jumpai tumbuh di lahan sebenarnya bisa ditanam di pot. Menanam pepaya di pot bisa menjadi alternatif untuk menghemat lahan dan memudahkan proses perawatan. Jenis pepaya yang bisa ditanam di dalam pot adalah pepaya california.

menanam pepaya di pot
foto: pixabay

Menanam pepaya di pot bisa menjadi pilihan untuk masyarakat perkotaan yang tidak memiliki cukup lahan untuk menanam pepohonan buah, seperti pohon pepaya. Anda bisa menggunakan pot atau polibag. Pot yang digunakan bisa berupa drum bekas atau ember bekas berdiameter 40 cm. Bagian bawah wadah bekas tersebut diberikan lubang sebagai saluran pembuangan.

Media tanam yang dibutuhkan adalah campuran tanah dan pupuk kandang. Perbandingan antara tanah dan pupuk kandang adalah 2:1. Pupuk kandang yang digunakan harus sudah matang dan jangan gunakan pupuk kandang yang masih baru karena bisa menyebabkan bibit mati.

Loading...

Untuk membuat media tanam menjadi lebih bagus, Anda bisa menambahkan sekam bakar atau sekam yang masih mentah.

Persiapan selanjutnya yang harus disediakan adalah bibit pepaya. Pohon pepaya california tidak memiliki sosok yang terlalu besar dan tinggi sehingga sangat cocok ditanam di pot. Selain itu, buah pepaya california rasanya manis dan sangat cocok dengan lidah orang Indonesia.

Setelah bibit dan media tanam siap, langkah pertama yang harus dilakukan adalah memasukkan pecahan genting atau batu kerikil ke bagian dasar pot. Selanjutnya, masukkan campuran media tanam hingga mendekati bibir pot.

Selanjutnya, masukkan bibit dan kemudian tanam ke dalam lubang tanam di media tanam, usahakan letak bibit berada di tengah. Tutup bagian perakaran dengan tanah hingga bibit bisa berdiri dengan tegak. Siram bibit yang sudah ditanam dengan air pada pagi dan sore hari.

Baca Juga:  Keunggulan Jambu Air Khiojok Dibandingkan Jambu Madu Deli Hijau

Pohon pepaya di pot harus dipupuk secara rutin dengan menggunakan pupuk kandang atau pupuk kompos.

Tanaman sudah bisa mulai berbunga setelah berumur 3 bulan dan tingginya mencapai 125 cm. Biasanya, bunga pertama akan mengalami kegagalan berbuah. Buah baru muncul setelah pembungaan kedua dan seterusnya.

Pohon yang berumur 4—5 bulan sudah siap mengalami pembuahan dan proses mematangkan buah akan terjadi selama 2 bulan.

Loading...
Loading...