Cara Menanam Rambutan dalam Pot

PertaniankuRambutan terkenal sebagai pohon buah yang tinggi dengan tajuknya yang lebar. Namun, siapa sangka tanaman buah ini bisa ditanam dalam pot. Menanam rambutan dalam pot hampir sama seperti di lahan, hanya saja membutuhkan ketelatenan saat merawatnya agar tanaman bisa berbuah meskipun dengan tempat terbatas.

menanam rambutan dalam pot
foto: pertanianku

Rambutan merupakan tanaman buah tropis asli asal Indonesia, sosok tanamannya berbatang keras memberikan kesan kokoh jika ditanam dalam pot. Tanaman yang sedang berbunga atau berbuah akan memiliki sosok yang indah.

Pohon ini terbilang mudah tumbuh, bisa di dataran rendah hingga dataran tinggi dengan ketinggian 500 mdpl. Tanaman ini menyukai sinar matahari sehingga lebih baik menanam tanaman di area terbuka yang tidak ternaungi. Bibit tanaman bisa Anda dapatkan di toko pertanian, seperti Toko Trubus yang menyediakan bibit rambutan unggul. Selain itu, Anda bisa menggunakan bibit yang berasal dari okulasi.

Loading...

Sebelum menanam, Anda harus menyiapkan media tanamnya telebih dahulu, komposisi media tanam yang bisa digunakan adalah tanah, pasir, dan pupuk kandang dengan perbandingan 5:1:2 atau tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:2.

Setelah media tanam tersedia, siapkan wadah tanam berupa drum yang terbuat dari seng agar lebih kuat. Drum tersebut bisa Anda hias terlebih dahulu atau sekadar dicat. Bolongi bagian bawah drum. Sebelum memasukkan media tanam, berikan pecahan genting atau batu bata ke dasar pot setebal 15 cm untuk mencegah media tanam keluar dari lubang.

Tambahkan pupuk NPK dengan perbandingan 15:15:15 sebanyak 100 gram dan buatlah lubang tanaman di tengah media tanam.

Siapkan bibit yang sudah berumur 8 bulan, keluarkan bibit beserta media tanam yang ikut dari polibag. Pangkas akar dan cabang yang tumbuh terlalu panjang, potong juga sebagian daunnya. Selanjutnya, masukkan bibit ke lubang dalam drum, lalu timbun dengan media tanam dan padatkan agar tanaman dapat tumbuh tegak.

Baca Juga:  Cara Menanam Tabulampot Jambu Air Khiojok

Bibit yang sudah ditanam disirami dengan air hingga media tanamnya cukup basah. Setelah itu, letakkan tanaman di tempat teduh atau ditutup dengan kantong plastik. Tanaman bisa dipindahkan ke tempat yang terkena cahaya matahari ketika sudah tumbuh tunas-tunas baru. Setelah menanam, Anda harus merawatnya secara rutin agar pohon bisa berbuah dengan optimal.

Anda bisa mendapatkan keperluan menanam rambutan dalam pot di Toko Trubus. Selain bibit rambutan, Toko Trubus juga menyediakan beragam bibit tanaman buah lainnya serta sarana produksi pertanian dan perlengkapan berkebun, seperti pupuk agar tanaman rajin berbuah, juga pestisida untuk mengusir hama dan penyakit. Segera hubungi Toko Trubus untuk solusi berkebun di pekarangan.

Loading...
Loading...