Cara Menanam Rumput Gajah di Sekitar Kandang Kambing

Pertanianku — Sisa area di sekitar kandang bisa Anda gunakan untuk menanam rumput gajah sebagai sumber pakan untuk kambing. Dengan menanam sendiri, Anda akan menghemat biaya dan waktu untuk mencari rumput gajah sebagai pakan.

menanam rumput gajah
foto: Pertanianku

Rumput gajah termasuk pakan hijauan yang bagus untuk kambing karena mengandung nilai gizi yang lebih tinggi dibanding rumput lapangan. Meskipun, sebenarnya masih jarang peternak kambing tradisional menggunakan rumput gajah sebagai pakan kambing.

Rumput gajah dapat hidup di berbagai macam kondisi ketinggian tempat hingga 3.000 m dpl. Yang terpenting kondisi lahan yang digunakan untuk menanam subur dan diberikan pemupukan secara rutin.

Lahan yang akan digunakan untuk menanam rumput gajah harus dibersihkan terlebih dahulu. Selanjutnya, lakukan pengolahan tanah untuk menghilangkan penyakit dan hama yang berbahaya untuk tanaman. Pengolahan tanah sebaiknya dilakukan pada akhir musim kemarau agar lahan sudah bisa digunakan untuk menanam pada musim hujan.

Buatlah lubang tanam dengan jarak 60 cm × 100 cm. Untuk lahan seluas 1 hektare membutuhkan 17.000 bibit setek rumput gajah.

Pupuk yang harus diberikan adalah pupuk P dan K. Pemupukan perlu dilakukan dua kali dalam setahun, yaitu saat pengolahan tanah dan tanaman berumur enam bulan.

Anda juga bisa menambahkan pupuk DS dan ZK masing-masing sebanyak 200 kg per hektare. Setelah itu, tambahkan pupuk N. Pemberian dilakukan sebanyak 2—4 kali pemotongan.

Terakhir, berikan pupuk kandang sebanyak 400 kuintal/hektare/tahun. Pemotongan dilakukan saat pengolahan tanah dan setelah pemotongan.

Pemotongan rumput gajah sudah dapat dilakukan setelah tanaman berumur 60 hari. Pemotongan selanjutnya bisa dilakukan setiap 40 hari sekali pada musim hujan dan 60 hari di musim kemarau. Saat pemotongan, Anda perlu menyisakan rumput sekitar kurang lebih 10 cm dari permukaan tanah agar rumput bisa dipanen kembali.

Baca Juga:  Ayam Serama, Ayam Terkecil yang Mendunia

Setelah berumur 3—4 tahun, tanaman perlu diremajakan dengan bibit baru agar rumput yang dihasilkan tetap berkualitas. Setelah pemotongan terakhir atau sebelum peremajaan, tanah perlu dicangkul dan dilakukan pemupukan ulang. Anda juga perlu membuat lubang tanam yang baru di perpotongan silang rumput yang lama.

 


loading...