Cara Menanam Selada Hidroponik


Pertanianku Cara menanam selada hidroponik cukup sederhana. Teknik hidroponik secara sederhana dapat dikatakan sebagai menanam tanpa media tanah. Petani hanya harus lebih memerhatikan nutrisi yang diserap oleh tanaman.

cara menanam selada hidroponik
Foto: Pixabay

Menanam selada dengan cara hidroponik ini cukup mudah, Anda cukup menyiapkan beberapa wadah di antaranya baki atau nampan bekas. Wadah tersebut nantinya akan digunakan untuk menyemai. Siapkan juga arang sekam sebagai pengganti tanah, benih selada, serta plastik hitam.

Menanam selada hidroponik sebenarnya hampir sama dengan menanam selada pada umumnya. Perbedaannya terletak pada media yang digunakan dan nutrisi atau pupuknya.

Pertama, masukkanlah arang sekam ke baki atau nampan yang telah dilubangi kecil-kecil di bagian bawahnya. Taburkan benih secara merata, lalu tutup dengan arang sekam, dan siram dengan air. Setelah itu, tutup nampan dengan plastik hitam selama dua hari. Sebab, biasanya, dalam waktu dua hari, benih selada sudah tumbuh menjadi kecambah.

Letakkan bibit di bawah sinar matahari pagi yang tidak terlalu terik. Lakukan penyiraman secara rutin selama dua minggu sampai bibit siap dipindahkan.

Selanjutnya adalah tahap pemindahan bibit ke media hidroponik. Alat-alat yang dibutuhkan adalah netpot (bisa juga diganti dengan media yang lain), spons yang sudah dipotong, dan baskom berisi air.

Pindahkan bibit tanaman ke baskom yang berisi air yang sudah disiapkan. Saat memindahkan bibit, jangan mencabutnya satu per satu, tetapi dilakukan sekaligus dengan medianya. Goyangkan nampan supaya bibit dan media terpisah. Jika ada bibit yang bergerombol, pisahkan secara hati-hati.

Setelah bibit terpisah, jepitlah bibit dengan spons yang sudah disediakan. Masukkan spons yang telah diisi bibit ke wadah netpot. Terakhir, masukkan netpot ke wadah paralon, talang air, atau bisa juga menggunakan bak yang sudah diisi larutan nutrisi ABmix.

Baca Juga:  Mitos Tentang Makanan Organik

Setelah tahap penempatan selada pada media hidroponik, Anda harus mengawasi pertumbuhan sayuran tersebut. Pastikan tanaman terkena cahaya matahari yang cukup. Dan, yang utama karena media tanamnya hanya berupa air nutrisi, jadi Anda harus sering-sering memerhatikan larutan nutrisi hidroponik.

Cara menanam selada hidroponik sederhana ini memang terbilang mudah, namun untuk mendapatkan hasil yang maksimal Anda disarankan menggunakan nutrisi yang tepat. Untuk mudahnya, Anda cukup membeli nutrisi hidroponik ABmix khusus sayuran daun dan perhatikan cara pemakaiannya.

loading...
loading...