Cara Menanam Seledri dari Pangkal Batang yang Masih Ada Akarnya

Pertanianku — Seledri bisa ditanam dari pangkal batang tanaman seledri yang masih terdapat akarnya. Sederhananya, Anda bisa menanam seledri dari bagian batang tanaman yang tidak terolah. Dengan begitu, Anda tidak perlu membeli benih seledri karena bisa memanfaatkan bagian sisa dari hasil pengolahan di dapur. Cara menanam seledri dari pangkal batang terbilang cukup mudah dengan bahan-bahan yang tidak begitu sulit untuk didapatkan.

cara menanam seledri
foto: pertanianku

Keperluan yang perlu Anda persiapkan hanyalah wadah semai seperti polibag dan media tanam. Media tanam tersebut terbuat dari campuran tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan yang sama. Masukkan media tanam yang sudah disediakan ke polibag hingga tiga perempat bagian.

Tanam batang seledri tepat di bagian tengah media tanam agar dapat tumbuh dengan sempurna. Bibit yang baru ditanam perlu disimpan di tempat yang terlindungi dari sinar matahari secara langsung dan angin. Bibit perlu disiram apabila media tanam atau bibit sudah mulai terlihat mengering agar bibit dapat berkecambah.

Bibit sudah bisa dipindahkan setelah berumur dua minggu di media semai. Media tanam yang digunakan sama seperti media tanam untuk semai.

Pupuk kandang pada media tanam berfungsi untuk menjaga ketersediaan unsur hara yang dibutuhkan oleh tanaman seledri yang ditanam di dalam pot. Oleh karena itu, pemberian pupuk kandang juga perlu dilakukan kembali pada saat pertengahan masa panen.

Tidak ada perawatan khusus untuk menumbuhkan tanaman seledri. Anda hanya perlu melakukan perawatan tanaman seperti biasa, yakni menyiram, memupuk, menyiangi gulma, dan melindungi tanaman dari serangan hama serta penyakit dengan menggunakan biopestisida agar hasil sayuran yang didapatkan organik. Bagian tanaman yang sudah terserang oleh hama sebaiknya segera dipotong dan dibuang.

Baca Juga:  Sup Lobak Sayap Ayam, Menu Sahur yang Mudah dan Bergizi

Tanaman seledri dapat dipanen dengan cara memotong bagian pangkal batang tepat di atas akar. Seledri sudah bisa dipanen saat daun masih tidak terlalu tua dan tidak terlalu muda. Rata-rata tanaman seledri sudah bisa dipanen setelah berumur 6—8 minggu.

Cara tanam ini tidak hanya bisa dilakukan di dalam pot, tetapi juga bisa dilakukan pada berbagai instalasi seperti vertikultur.