Cara Menanam Tabulampot Jambu Air Khiojok

Pertanianku Jambu air khiojok yang terkenal berukuran jumbo dan manis bisa ditanam di dalam pot. Menanam tabulampot jambu air khiojok tidak begitu sulit, begitupun dengan perawatannya. Meskipun ditanam di dalam pot, pohon jambu tidak memerlukan perlakuan khusus agar bisa berbuah, pohon hanya perlu dirawat secara rutin dan benar. Menanam jambu air sangat cocok dilakukan pada awal musim hujan dan sore hari.

jambu air khiojok
foto: pertanianku

Media tanam yang bisa digunakan untuk menanam jambu air khiojok di dalam pot adalah campuran dari tanah, pasir, dan pupuk kandang dengan perbandingan 2:1:1 atau campuran dari tanah, pupuk kandang, dan sekam padi dengan perbandingan 2:1:1.

Setelah media sudah tersedia, langkah selanjutnya adalah menyiapkan bibit. Bibit yang bisa digunakan ialah bibit yang sudah berusia enam bulan dengan tinggi tunas minimal 60 cm serta sudah memiliki 12 pasang helai daun. Agar lebih mudah, Anda bisa mencari bibit tersebut di toko pertanian tepercaya. Salah satunya Toko Trubus yang menyediakan bibit jambu air khiojok berkualitas.

Loading...

Selanjutnya, Anda juga perlu menyiapkan pot sebagai wadah. Pilihlah pot berdiameter 60 cm dengan tinggi sekitar 40 cm. Jika pot belum memiliki ganjalan di bagian bawahnya, sebaiknya berikan ganjalan sekitar 10 cm dari permukaan tanah.

Sebelum memasukkan media tanam ke pot, masukkan pecahan genting atau batu bata terlebih ke pot hingga setebal 5 cm. Pecahan genting tersebut berguna untuk memudahkan air siraman keluar dari dalam pot. Setelah itu, masukkan media tanam hingga setinggi 5 cm dari bibir pot. Goyang-goyangkan pot dan siram untuk memadatkan media tanam di dalam pot.

Biarkan media tanam yang sudah berada di dalam pot selama 2—3 hari. Hal ini bertujuan untuk membuat media tanam lebih stabil dan mengendap. Di hari penanaman bibit, buatlah lubang tanam yang berada di bagian tengah.

Baca Juga:  Tanaman Ganyong, Alternatif Bahan Pangan yang Masih Kurang Populer

Lepaskan polibag yang masih menempel di bibit secara perlahan dan hati-hati. Anda bisa menyobeknya dengan pisau atau gunting. Setelah terbuka, periksa bagian perakaran tanaman untuk memastikan kondisi bibit sehat.

Letakkan bibit di lubng tanam yang sudah dibuat dan tutup bibit dengan media tanam hingga batas pangkal batang. Berikan pengairan dengan air secukupnya hingga media tanam terlihat basah.

Anda bisa menambahkan ajir untuk mencegah bibit rubuh karena angin. Letakkan tabulampot yang baru dibuat di lokasi teduh hingga muncul tunas-tunas baru.

Untuk kebutuhan bertanam jambu air khiojok, Anda bisa langsung mendapatkan bibit jambu air khiojok di Toko Trubus. Sebagai solusi pertanian, Toko Trubus menyediakan beragam kebutuhan sarana produksi pertanian, mulai dari bibit dan benih beragam tanaman, media tanam, pupuk, pestisida, hingga perlengkapan berkebun lainnya.

Untuk informasi lebih lengkap, Anda bisa menghubungi WhatsApp admin Toko Trubus atau kunjungi langsung Toko Trubus terdekat di kota Anda.

 

 

Loading...
Loading...