Cara Menanam Tabulampot Mangga Alpukat

Pertanianku — Saat ini tren tabulampot atau tanaman buah di dalam pot sedang digemari oleh pencinta tanaman buah. Hal ini karena keunikan tanaman buah yang tetap bisa berbuah meskipun ditanam di dalam pot. Salah satu jenis tanaman yang bisa ditanam di dalam pot adalah mangga alpukat. Tabulampot mangga alpukat tergolong mudah dan praktis, bisa menjadi pilihan untuk mengisi lahan pekarangan yang kosong.

tabulampot mangga alpukat
foto: pixabay

Memelihara tabulampot mangga alpukat bisa mudah berbuah, produktif dan bertajuk kompak jika bibit yang digunakan bagus. Sebaiknya, pilihlah bibit yang berpenampilan menarik, sehat, pilih bibit yang perbanyakan vegetatif, dan jangan bibit yang sedang berbunga atau berbuah.

Pot yang bisa digunakan untuk menanam mangga alpukat adalah pot plastik yang berdiameter 40—80 cm, pot drum bekas yang dibelah menjadi dua, pot tanah liat, atau pot semen. Pot yang digunakan harus memiliki lubang di bagian dasarnya sebagai tempat air keluar. Selain itu, ukuran pot harus disesuaikan dengan tinggi tanaman agar mampu menampung tanaman. Misalnya, jika bibit berukuran 1,5 m, gunakan pot berdiameter 60 cm.

Media tanam yang bisa digunakan untuk menanam mangga alpukat di dalam pot adalah campuran antara tanah atau pasir, pupuk organik atau pupuk kandang, dan sekam atau sekam bakar dengan perbandigan 1:2:1.

Penanaman sudah bisa dimulai ketika media tanam sudah siap. Sebelum menanam, pastikan lubang di bawah pot tidak tertutup oleh semen. Anda bisa menggunakan batu agar pot tidak langsung bersentuhan dengan semen yang bisa menutupi lubang tersebut.

Isi bagian dasar pot dengan serbuk gergaji, pecahan genting, atau batu sekitar 5—10 cm. Setelah itu, masukkan media tanam yang sudah dicampur ke pot. Penggunaan serbuk gergaji, pecahan genting, atau pecahan batu bata berfungsi untuk mencegah media tanam keluar dari dalam pot karena terbawa oleh air siraman.

Baca Juga:  Tips dan Trik Membuat Lengkeng Matalada Rajin Berbuah dengan Lebat

Lepaskan polibag pada media tanam bibit secara hati-hati dan masukkan bibit ke pot. Bibit harus berada di tengah pot, usahakan agar bentuknya tegak dan tidak miring.

Timbun kembali dengan media tanam hingga mendekati ke bibir pot, lalu padatkan dengan menggunakan tangan. Jika Anda menggunakan bibit sambungan atau okulasi, usahakan bekas sambungan atau okulasi tanaman masih terlihat sekitar 10—15 cm di atas permukaan media tanam.

Setelah penanaman selesai, lakukan penyiraman hingga media tanam basah. Namun, jangan sampai air siraman menggenang di atas permukaan media tanam.

Untuk bertanam mangga alpukat, Anda bisa mendapatkan bibit mangga alpukat unggul di Toko Trubus. Pada Agustus ini ada diskon 20% untuk pembelian mangga alpukat di Toko Trubus. Selain bibit, Toko Trubus juga menyediakan berbagai kebutuhan berkebun di pekarangan seperti media tanam, pot, pupuk, pestisida, dan perlengkapan lainnya. Segera hubungi WhatsApp admin Toko Trubus atau kunjungi langsung Toko Trubus terdekat di kota Anda.

 


loading...