Cara Menangani Ayam Kampung yang Terkena Cacar Unggas

Pertanianku Cacar unggas atau fowl pox merupakan penyakit infeksi yang menular dan disebabkan oleh virus Borrelota avium. Virus tersebut akan menyerang pada semua jenjang umur ayam. Oleh karena itu, kehadiran penyakit tersebut harus segera diatasi agar tidak menular ke ayam yang lain dan menyebabkan kerugian akibat biaya pengobatan yang membengkak. Penularan virus penyakit cacar unggas dikatakan cukup lambat. Namun, tetap saja Anda perlu bertindak cepat terhadap penyakit tersebut.

cacar unggas
foto: pertanianku

Virus tersebut memiliki struktur DNA yang dapat tumbuh dan berkembang pada sel kulit dan sel selaput lendir yang sangat imuunogenic. Oleh karena itu, virus tersebut dapat menyerang sistem kekebalan tubuh ayam dan memiliki umur hidup yang cukup lama. Luka yang timbul akibat penyakit ini akan mengelupas dan mengandung virus cacar yang bisa bertahan hidup selama 3—4 tahun.

Ada dua jenis cacar unggas jika dibagi berdasarkan bentuk daerah serangannya, yaitu kering (dry pox) dan basah (wet pox).

Cacar kering menyerang pada permukaan kulit atau daerah yang tidak berbulu seperti di bagian jengger, pial, sekitar mata, lubang telinga, dan terkadang di daerah pantat dan kaki. Daerah yang terkena virus tersebut akan muncul beberapa benjolan dan bintik-bintik seperti kutil atau keropeg yang mengeras dengan warna merah kehitaman.

Ayam yang terkena cacar kering memiliki risiko kematian yang cukup rendah, sekitar 1—2 persen.

Cacar basah menyerang bagian dalam yang basah seperti bagian mulut, kerongkongan, esophagus, dan saluran hidung. Cacar basah ditandai dengan adanya difterik atau luka dan benjolan berwarna putih kekuningan. Seiring berjalannya waktu, benjolan tersebut akan membesar sehingga dapat mengganggu proses pernapasan ayam. Penyakit ini bisa membawa risiko kematian hingga 5 persen. Apalagi, jika ayam memiliki komplikasi penyakit lain.

Baca Juga:  Trik Menghindari Risiko Kematian DOC Ayam Petelur pada Periode Kritis

Hingga saat ini belum ada pengobatan yang efektif untuk menangani penyakit ini, terutama untuk cacar basah. Anda perlu melakukan pencegahan agar ayam ternak Anda tidak terjangkit cacar unggas. Pencegahan dapat dilakukan dengan vaksin pada saat ayam sudah menunjukkan gejala penyakit.

Untuk cacar kering, Anda bisa melakukan pengobatan individu dengan cara mengelupas benjolan pada ayam yang sakit. Bagian yang terkelupas diolesi dengan yodium tincture.

 


loading...