Cara Menangani Iguana Stres

Pertanianku — Iguana yang baru dibeli dan dibawa ke tempat yang berbeda dari penangkaran sebelumnya biasanya akan mengalami stres. Iguana stres biasanya ditandai dengan menunjukkan sikap liar dan penakut. Jika didekati, iguana akan melompat, lari, atau marah. Tanda-tanda stres tersebut dapat memengaruhi sistem saraf simpatik yang berhubungan langsung dengan nafsu makan sehingga nafsu makan iguana menjadi menurun.

iguana stres
foto: pertanianku

Nafsu makan yang menurun dapat menyebabkan kekebalan tubuh iguana pun menurun sehingga dapat menyebabkan iguana mudah sakit dan tidak tahan terhadap parasit. Oleh karena itu, selama 2—4 minggu pertama, iguana tidak boleh dipegang atau diganggu.

Untuk menenangkan serta melepaskannya dari kondisi stres, sebaiknya Anda mengenalkan terlebih dahulu iguana kepada lingkungan barunya. Tempat persembunyian biasanya akan mengurangi rasa stres karena merasa terancam karena ada gangguan. Oleh karena itu, jangan langsung menempatkan iguana langsung dalam kandang peliharaan. Tempatkan dalam kandang besar (kandang adaptasi) yang sudah dilengkapi oleh tempat persembunyian.

Loading...

Kandang peliharaan biasanya hanya memiliki tempat persembunyian yang terbatas sehingga bisa membuat iguana menjadi ketakutan. Jika menggunakan kandang besar, sebaiknya 2/3 kandang tersebut ditutup, terutama pada bagian depan untuk mengurangi sumber stres.

Selama masa adaptasi, Anda harus menjaga jarak dari iguana. Iguana biasanya tidak mau diganggu, disentuh, atau diangkat. Jaga jaraklah dari iguana dan usahakan jangan berlalu lalang di depan iguana karena itu akan membuat iguana semakin stres.

Anda juga bisa meletakkan iguana pada salah satu sudut ruangan yang sudah diberi pembatas pagar dan shelter untuk membiarkan iguana hidup bebas.

Berikan pakan dan minum sesuai dengan jadwal dan lakukan secara rutin. Pada saat stres, iguana cenderung mengeluarkan energi cukup banyak. Oleh karena itu, iguana harus diberikan tambahan makanan yang berenergi tinggi. Sebaiknya, berikan air minum yang mengandung tonik dan berenergi tinggi, misalnya dengan menambahkan satu sendok suplemen yang khusus dijual untuk mengatasi kondisi stres.

Baca Juga:  Beternak Cacing Sutera, Bisnis Sampingan Untung Jutaan

Suplemen tersebut sangat berguna untuk menjaga kondisi kesehatan iguana saat masa kritis tersebut berlangsung. Anda juga bisa menggunakan obat antistres yang bisa Anda jumpai di kios-kios reptil.

 

 

Loading...
Loading...