Cara Menangani Penyakit dan Hama Pohon Jambu Biji

Pertanianku — Pohon jambu biji juga rentan terhadap serangan hama meskipun sudah dirawat dengan baik. Anda harus mewaspadai datangnya penyakit dan hama pohon jambu biji dengan cara mengenali setiap gejala yang ditimbulkan olehnya. Hal ini akan memudahkan Anda ketika sewaktu-waktu pohon jambu biji terkena penyakit atau hama.

hama pohon jambu biji
foto: pertanianku

Hama pohon jambu biji

Hama pohon jambu biji yang paling sering menyerang dan menyebabkan tanaman menjadi tidak produktif adalah hama ulat. Ulat tersebut adalah Dasychira inclusa dan Paras lepida. Ulat ini biasanya akan memakan daun-daun, tunas, dan bunga pohon. Pohon yang terkena serangan hama ulat menjadi sulit untuk produktif karena sebagian daunnya tidak bisa berfotosintesis dengan sempurna karena sudah dimakan. Terlebih lagi, ulat ini juga menyerang bagian tunas dan bunga.

Loading...

Gejala yang ditimbulkan dari serangan ulat adalah banyaknya daun yang menjadi bolong-bolong, serta ujung tunas dan ujung bunga menjadi buntung karena sudah dimakan oleh ulat. Pengendalian ulat dapat dilakukan dengan menyemprot Bayrucil 250 EC dan Basudin 60 EC dengan konsentrasi 2 cc/liter air.

Lalat buah

Serangan lalat buah yang terjadi pada pohon jambu biji disebabkan oleh larva lalat buah Dacus dorsalis. Lalat ini akan memakan buah dan menancapkan telurnya dalam daging buah. Larva yang tumbuh dalam daging buah akan memakan buah dari dalam. Dengan begitu, saat buah masak akan mudah rontok dan jika dibelah terlihat busuk serta terdapat belatung.

Pengendalian lalat buah dapat dilakukan dengan membungkus buah yang masih muda dengan kantong plastik yang bagian bawahnya sudah diberi lubang agar air bisa keluar dan tidak menggenang dalam kantong plastik atau kertas semen yang digunakan.

Baca Juga:  Gedebog Pisang, Limbah di Indonesia Berharga Mahal di Amerika

Semprot tanaman dengan insektisida Thoidan 35 EC atau Supracid 40 EC dengan konsentrasi 2 cc/liter setiap dua minggu. Kumpulkan dan bakar buah yang jatuh membusuk agar larva lalat mati dan rantai kehidupan lalat menjadi terputus.

Penyakit busuk (kanker batang)

Penyebab penyakit busuk adalah cendawan Phytophthora. Cendawan ini membuat daun pohon menjadi menguning dan mengering. Cendawan juga menyerang bagian pangkal batang sehingga berubah warna menjadi kecokelatan atau hitam.

Pengendalian cendawan dapat dilakukan dengan fungisida yang bersifat sistemin, seperti Benlate atau Anvil yang ditambahkan sedikit air, lalu dioleskan ke bagian pangkal batang dengan menggunakan kuas.

Loading...
Loading...