Cara Menata Tanaman Buah di Pekarangan

Pertanianku — Menanam tanaman buah di pekarangan dapat dilakukan di pot atau langsung di lahan. Tanaman buah tersebut akan memberikan dampak positif terhadap rumah, seperti membuat penampilan lebih asri, udara menjadi lebih sejuk, buah yang dihasilkan bisa langsung dimakan, serta terhindar dari panas dan debu.

tanaman buah di pekarangan
foto: Pertanianku

Namun, penanaman tanaman buah tidak boleh dilakukan sembarangan karena bukan hanya buahnya yang diharapkan, melainkan keindahan tampilan tanaman juga sangat diharapkan. Oleh karena itu, sebelum mulai menanam, sebaiknya lakukan perencanaan bentuk dan pola sesuai dengan luas dan bentuk pekarangan.

Penataan harus dilakukan berdasarkan ketinggian tempat dari permukaan laut, keadaan iklim, dan jenis tanaman. Selain itu, penataan juga harus mempertimbangkan keseimbangan, keselarasan, kesinambungan, dan kesatuan.

Mendesain taman buah di pekarangan juga harus memerhatikan kaidah pertanaman. Misalnya, membuat bedengan bibit yang berkelok-kelok sehingga taman terlihat lebih luwes dibanding bedengan yang berbentuk lurus sehingga menimbulkan kesan kaku.

Anda juga harus menentukan jenis tanaman buah yang cocok di lahan pekarangan. Hal ini karena ada tanaman yang tidak kuat dengan naungan. Ada juga tanaman yang bisa bertahan di bawah naungan. Penentuan jenis tanaman akan memengaruhi lokasi tanaman tersebut.

Tanaman buah umumnya membutuhkan sinar matahari yang cukup sepanjang hari, terutama ketika tanaman sedang berada di fase pembuahan. Ini sebabnya Anda perlu menata tanaman buah berdasarkan jenisnya agar seluruh tanaman yang ada di pekarangan mendapatkan sinar matahari secara tepat.

Anda bisa menata tanaman berdasarkan ketinggian tanaman, tekstur daun, dan komposisi warna pada daun, bunga, serta buahnya.

Hal lain yang perlu diperhitungkan adalah kerapatan dan populasi tanaman. Ini karena dapat memengaruhi efisiensi penggunaan cahaya matahari serta persaingan antartanaman dalam menggunakan air dan unsur hara.

Baca Juga:  Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Menanam Mangga

Penataan tanaman buah di pekarangan rumah juga tidak boleh sampai menghalangi jalan masuk, menghalangi pandangan, serta masuk ke area kebun atau halaman tetangga.

Agar taman buah di pekarangan terlindungi dari hewan atau ternak yang bisa merusak tanaman, pasanglah pagar sebelum tanaman buah ditanam.