Cara Mencegah Ayam Ngorok

Pertanianku — Ayam mengorok saat tidur karena mengidap penyakit CRD (Chronic Respiratory Disease). Penyakit ini sangat umum dijumpai pada ayam dan bisa menyerang kapan saja. Sebenarnya, Anda bisa memperkecil risiko ayam ngorok dengan beberapa tindakan pencegahan dengan biosekuriti kandang yang tepat. Pencegahan juga bisa dilakukan dengan melakukan pemeriksaan terhadap DOC yang akan digunakan. Selain itu, masih ada beberapa cara untuk mencegah ayam ngorok.

ayam ngorok
foto: pertanianku

Merawat litter

Litter atau alas kandang harus rajin dirawat dan dibersihkan. Jangan biarkan litter yang lembap terus berada di dalam kandang. Biasanya, litter yang berada dekat galon minum lebih mudah lembap. Anda harus rutin mengeluarkan litter di bagian tersebut. Selain itu, jangan lupa untuk rutin melakukan pembalikan litter, mengurangi jumlah kotoran di dalam kandang ayam, serta meratakan ketebalan litter dengan menambahkan sekam baru jika dibutuhkan.

Loading...

Ketebalan litter yang ideal adalah 6—8 cm dengan jumlah kotoran maksimal di dalam kandang sekitar 40 persen. Jika jumlah kotoran terlalu banyak di dalam kandang, kotoran tersebut akan berubah menjadi amonia yang berbahaya untuk ayam. Sementara itu, litter yang tipis tidak bisa digunakan untuk menahan beban kotoran ayam.

Ventilasi kandang

Ventilasi kandang yang baik sangat memengaruhi proses pertukaran udara di dalam kandang. Dengan begitu, udara kotor bisa terbawa keluar dan udara yang masih bersih bisa masuk ke kandang melalui ventilasi.

Untuk memaksimalkan sirkulasi udara di dalam kandang, Anda bisa menggunakan tirai kandang yang dapat dibuka tutup. Tirai bisa ditutup ketika angin atau hujan sedang kencang.

Densitas kandang

Perhatikan juga daya tampung kandang. Jangan sampai ayam yang dipelihara melebih daya tampung beban kandang sehingga menyebabkan penumpukan dan berisiko membuat kandang cepat rusak.

Baca Juga:  Resep Sate Bebek Mudah dan Lezat

Rutin mengeluarkan kotoran di bawah slate

Kotoran yang berada di bawah slate harus diupayakan tetap kering dan dijaga ketebalannya. Kotoran di atas fondasi harus sering dibersihkan agar sirkulasi udara di bawah slate menjadi lebih lancar. Kotoran yang berada di bawah galon air minum juga harus sering dibersihkan karena area tersebut sangat rentan mengalami lembap.

Loading...
Loading...