Cara Mencegah Lele Jatuh Sakit

Pertanianku — Lele seperti makhluk hidup lainnya yang juga bisa jatuh sakit dan terserang hama lainnya. Lele yang tidak dirawat dengan baik akan jauh lebih mudah jatuh sakit. Oleh karena itu, jika Anda memelihara lele dengan baik, itu termasuk salah satu cara mencegah lele jatuh sakit. Namun, jika setelah dirawat lele tetap jatuh sakit, Anda bisa melakukan beberapa cara berikut.

mencegah lele jatuh sakit
foto: pertanianku

Siapkan kolam

Kolam yang digunakan harus dipersiapkan dengan baik, terutama pada saat pengeringan dan pengapuran kolam. Proses pengeringan bertujuan membunuh seluruh organisme yang tidak diinginkan berada di kolam lele. Organisme seperti hama dan larva tersebut bisa membuat lele jatuh sakit jika dibiarkan begitu saja. Oleh karena itu, cara mencegah lele jatuh sakit yang paling pertama Anda lakukan adalah mempersiapkan kolam.

Loading...

Gunakan pakan berkualitas dan tepat jumlah

Gunakan pakan berkualitas untuk memenuhi seluruh kebutuhan zat gizi lele agar bisa tumbuh dengan optimal. Selain itu, berikan pakan sesuai dengan kebutuhan ikan lele agar sifat kanibalisme ikan tidak muncul sehingga menyebabkan ikan saling serang. Pemberian pakan juga harus dilakukan rutin dan teratur. Jangan mengubah-ubah waktu pemberian pakan ikan lele.

Kepadatan kolam

Jangan gunakan kepadatan kolam yang tinggi karena bisa membuat ikan menjadi lebih stres dan mudah jatuh sakit. Air kolam ikan lele juga jauh lebih mudah kotor karena aktivitas yang ikan lele yang terlalu banyak dalam satu kolam. Air yang kotor akan menyebabkan ikan lele lebih mudah terkena penyakit.

Perbaiki konstruksi kolam

Perbaiki konstruksi kolam agar pembuangan limbah kotoran dan pakan yang tidak termakan lebih mudah dan berjalan lancar. Penumpukan sisa pakan dan kotoran di dalam kolam dapat menjadi bibit penyakit yang berbahaya bagi ikan lele, bahkan bisa menyebabkan kematian.

Baca Juga:  KKP Salurkan Bantuan Benih Ikan Nila di Banda Aceh

Lakukan pergantian air secara berkala

Menjaga kebersihan kolam sama saja dengan mencegah ikan lele jatuh sakit. Menjaga kebersihan kolam dapat dilakukan dengan mengganti air kolam secara berkala.

Isolasi ikan

Jika Anda melihat ada ikan lele yang berpenyakit pada fisiknya, segera ambil dan isolasi ikan tersebut untuk diobati. Obati penyakit tersebut sesegera mungkin agar tidak menyebar menjadi lebih parah.

 

Loading...
Loading...