Cara Mencegah Prakoagulasi pada Getah Karet

Pertanianku — Prakogulasi pada getah karet bisa dicegah untuk meminimalisir kerugian yang dialami oleh petani karet. Mencegah prakoagulasi atau setidaknya dikurangi dengan menambahkan beberapa zat-zat tertentu yang biasanya disebut antikoagulan. Namun, Anda harus mengetahui penyebab prakoagulasi terlebih dahulu sebelum menggunakan zat-zat tersebut.

mencegah prakoagulasi
foto: pertanianku

Anda harus memeriksa penyebabnya, agar bisa menggunakan cara yang benar untuk mencegah prakoagulasi. Jika penggumpalan disebabkan oleh penyakit fisiologis, tindakan kultur teknis yang harus dilakukan teradap tanaman karet yang sedang menderita. Begitu juga apabila penggumpalan disebabkan oleh masa penyadapan yang dilakukan terlalu dini atau tanaman terlalu tua.

Berikut ini beberapa tindakan yang bisa Anda lakukan untuk mencegah prakoagulasi pada getah karet yang akan disadap.

Loading...

Menjaga kebersihan alat

Peralatan yang digunakan untuk menyadap harus dipastikan sudah benar-benar bersih. Peralatan tersebut terdiri atas alat sadap, penampung, spouts, mangkuk penampung, lateks, ember, dan peralatan lain yang langsung bersentuhan dengan getah karet. Peralatan yang digunakan untuk mengangkut getah dari kebun ke pabrik pengolahan juga harus dijaga kebersihannya. Selama di perjalanan, getah harus dijaga agar tidak mengalami banyak guncangan.

Mencegah kontaminasi air kotor

Lateks yang sudah disadap segera lindungi dari kontaminasi yang bisa berasal dari air kotor seperti air sungai, air saluran, atau air got.

Waktu penyadapan

Waktu penyadapan juga dapat menyebabkan getah karet menggumpal. Lakukan penyadapan pada pagi hari sebelum matahari terbit agar getah karet sudah bisa sampai ke pabrik atau tempat pengolahan pada saat suhu belum terlalu panas.

Proses penyadapan yang dilakukan pada pagi hari juga bisa memberikan jumlah getah yang lebih banyak. Getah karet yang sudah dikumpulkan harus segera diangkut ke tempat pengolahan untuk secepatnya diolah. Getah tidak boleh didiamkan terlalu lama setelah dipanen.

Baca Juga:  Sederet Alasan Pengusaha Tertarik Bisnis Jamur

Zat antikoagulan

Setelah semua kiat-kiat di atas sudah dilakukan namun tetap saja getah menggumpal, Anda bisa menggunakan zat antikoagulan. Ada beberapa macam zat antikoagulan yang bisa dipilih disesuaikan dengan lokasi, harga, kadar bahaya zat tersebut, dan kemampuan zat tersebut mencegah prokagulasi.

Loading...
Loading...