Cara Mencegah Serangan Lalat Buah pada Jambu Air Khiojok

Pertanianku— Salah satu hama yang paling mengganggu tanaman jambu air khiojok adalah lalat buah. Buah jambu air kiojok yang lebih manis membuat nektar buahnya sangat disukai oleh serangga. Hal ini menyebabkan tanaman lebih rentan terkena serangan lalat buah.

jambu air khiojok
foto: pertanianku

Lalat tersebut dapat membuat buah jadi busuk karena lalat akan menusukkan telurnya ke dalam buah jambu air. Setelah itu, telur akan menetas dan mengeluarkan larva belatung. Larva tersebut akan tumbuh dan memakan bagian dalam buah. Setelah dewasa, larva akan melenting ke luar buah dan jatuh ke tanah. Di tanah, larva akan membentuk pupa dan setelah itu akan terbentuk lalat buah baru.

Buah jambu air khiojok yang sudah terinfeksi oleh lalat buah sudah tidak bisa dikonsumsi. Sebab, buah bisa saja rontok lebih dahulu atau membusuk.

Hama lalat buah biasa diatasi dengan pembungkusan buah. Anda bisa menggunakan pembungkus buah khusus yang bisa di beli di toko pertanian. Atau, menggunakan pembungkus plastik yang sudah diberikan lubang.

Pembungkusan buah tidak boleh dilakukan terlambat. Pasalnya, lalat sudah bisa menusukkan telurnya ke dalam buah saat masih berukuran kecil. Apalagi jika pembungkusan dilakukan terlambat. Semakin tua umur buah, semakin remah kulitnya dan lalat semakin mudah menusuknya. Pembungkusan biasanya sudah bisa dilakukan ketika buah sudah terbentuk.

Karena pupa lalat ini berada di tanah, langkah selanjutnya untuk mengatasi serangan hama lalat buah adalah rajin menjaga kebersihan lahan atau pekarangan. Anda harus rajin membersihkan area kebun dari sampah yang berserakan. Bakar sampah tersebut hingga habis karena jika dibiarkan malah bisa memancing kehadiran lalat dari luar.

Langkah terakhir yang bisa dilakukan untuk mengatasi serangan hama lalat adalah memasang perangkap. Perangkap tersebut berfungsi menjebak lalat, ketika sudah banyak lalat yang terkumpul di dalam perangkap, matikan semua lalat tersebut dan pasang lagi perangkapnya hingga populasi lalat di kebun dapat terkendali.

Baca Juga:  Langkah Mudah Mengatasi Kutu Putih atau Kutu Dompolan

Perangkap tersebut bernama petrogenol, Anda bisa membuat alat perangkap ini sendiri dari botol plastik mineral bekas. Cara pembuatannya sangat mudah. Minyak atsirinya bisa Anda dapatkan dengan mudah di toko-toko pertanian.

Untuk mengatasi serangan lalat buah pada jambu air khiojok, Anda bisa mendapatkan pembungkus buah dan perangkap lalat buah di Toko Trubus terdekat di kota Anda. Sebagai solusi pertanian, Toko Trubus menyediakan beragam sarana produksi pertanian, mulai dari benih dan bibit berbagai tanaman, media tanam, pupuk dan pestisida, hingga perlengkapan berkebun lainnya.

Toko Trubus juga menyediakan bibit jambu air khijok berkualitas untuk Anda yang ingin memulai bertanam jambu air. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa menghubungi langsung WhatsApp admin Toko Trubus.


loading...