Cara Mencegah Serangan Penyakit Ayam Kampung

Pertanianku — Mencegah lebih baik mengobati, begitupun pada aspek usaha ternak ayam kampung. Serangan penyakit merupakan salah satu ancaman yang akan menyerang jika Anda tidak memerhatikan hewan ternak dengan baik. Agar hewan ternak dapat terlindungi dengan baik, lakukan tindakan pencegahan untuk meminimalisir risiko serangan penyakit ayam kampung.

serangan penyakit ayam kampung
foto: pertanianku

Program kesehatan yang dapat Anda lakukan untuk mencegah penyakit adalah pemberian vitamin dan antibiotik pada ayam melalui vaksin. Vaksinasi dilakukan untuk mencegah serangan penyakit ayam kampung yang disebabkan oleh virus. Pasalnya, ayam kampung cukup rentan terkena virus. Pemberian vaksin pada ayam kampung dapat dilakukan melalui beberapa cara.

Tetes mata, hidung, atau mulut

Pemberiannya dilakukan dengan memasukkan cairan pelarut ke botol vaksin hingga setengah botol. Kocok perlahan hingga tercampur rata, tetapi jangan sampai berbuih. Sebelum diberikan pada ayam, buat sekatan di dalam kandang untuk memisahkan antara ayam yang sudah divaksin dan yang belum. Berikan vaksin melalui tetes mata, hidung, atau mulut sebanyak satu tetes.

Lakukan dengan hati-hati dan pastikan larutan vaksin benar-benar masuk ke tubuh ayam. Sebaiknya, lakukan vaksin pada saat cuaca sedang sejuk, seperti pada pagi atau sore hari. Jangan lakukan pada saat kondisi panas.

Air minum

Siapkan galon minum secukupnya agar ayam dapat minum tanpa berdesak-desakan dan dapat habis dalam waktu dua jam. Sebelum diberikan vaksin, sebaiknya puasakan ayam terlebih dahulu hingga haus agar air minum yang sudah tercampur vaksin dapat habis dalam waktu cepat.

Siapkan air yang sudah dicampur dengan susu skim dalam ember. Susu skim berfungsi meningkatkan efektivitas kerja vaksin dan memperpanjang umur vaksin. Buka tutup botol vaksin, masukkan air ke botol vaksin setengahnya, lalu kocok secara perlahan hingga larutan tercampur merata.

Baca Juga:  Jaga Kondisi Kesehatan Ayam Petelur dengan Cara Ini

Masukkan vaksin yang sudah larut ke ember yang berisi larutan susu skim, aduk hingga rata. Berikan larutan tersebut ke galon-galon air minum yang sudah disediakan sebanyak seperempat galon saja, lalu berikan pada ayam.

Cara suntik

Sebelum diberikan, alat suntik harus disterilkan terlebih dahulu dengan cara direbus air mendidih selama 30 menit, lalu didinginkan. Kocok botol vaksin hingga larutan tercampur homogen. Berikan sekatan dalam kandang untuk memisahkan ayam yang sudah divaksin dan belum divaksin.


loading...