Cara Mencegah Sifat Kanibal Ayam Kampung

Pertanianku — Manajemen pemeliharaan ayam kampung harus dilakukan dengan benar karena ayam kampung merupakan hewan yang memiliki sifat kanibal. Sifat kanibal ayam kampung dapat terjadi jika lingkungan ternak atau cara ternak yang digunakan salah.

kanibal ayam kampung
foto: pertanianku

Penyebab paling umum munculnya sifat kanibal pada ayam kampung adalah kurangnya pakan dan minum yang diberikan. Pakan yang kurang membuat ayam mencari-cari makanan, karena memilik sifat kanibal, ayam dapat menyerang ayam lain yang berada di dalam kandang hingga terluka dan mati.

Selain kuantitas pakan dan minum yang kurang, kualitas pakan yang diberikan juga kurang baik sehingga ayam mengalami kekurangan nutrisi. Pastikan nutrisi pakan yang digunakan sudah tepat. Nutrisi yang tepat dapat menunjang pertumbuhan ayam agar mampu menghasilkan hasil panen berupa daging dan telur seperti apa yang diinginkan.

Loading...

Anjuran penggunaan bibit yang seragam bukan tanpa maksud. Bibit yang berumur serta berukuran seragam dilakukan untuk mencegah adanya perbedaan ukuran dan umur sehingga dapat meminimalisir ayam saling menyerang.

Selain itu, nutrisi yang tepat dan tersebar merata dapat menciptakan pertumbuhan yang seragam sehingga tidak ada perbedaan ukuran pada ayam di dalam kandang. Perbedaan tersebut dapat memicu sifat kanibal.

Kapasitas kandang juga menjadi penyebab ayam kampung menjadi kanibal. Terkadang, peternak tidak memerhatikan kualitas besaran kandang dengan jumlah kepadatan ayam di dalam kandang. Kondisi kandang yang terlalu kecil dengan jumlah kepadatan yang besar dapat menyebabkan ayam saling menyerang sehingga memicu sifat kanibal di dalam ayam mencuat.

Suhu kandang harus dalam keadaan stabil, jangan sampai ayam di dalam kandang mengalami kepanasan sehingga stres. Suhu yang panas dapat memicu sifat kanibal ayam kampung sehingga ayam akan saling menyerang di dalam kandang. Yang perlu disadari, bahwa sifat kanibal memang keturunan dan genetik, peternak harus tahu bagaimana caranya menghindari sifat kanibal tersebut.

Baca Juga:  Pahami Sistem Pencernaan Domba agar Pemberian Pakan Tepat

Jika sudah telanjur terjadi kondisi ayam yang saling menyerang akibat munculnya sifat kanibal, Anda harus segera memperbaiki manajemen peternakan. Manajemen peternakan yang dimaksud adalah beberapa hal yang sudah disebutkan di atas. Periksa satu per satu, mana manajemen peternakan yang salah untuk meminimalisir munculnya sifat kanibal pada ayam yang lain. Pasalnya, satu-satunya penyebab munculnya sifat kanibal adalah manajemen peternakan yang buruk.

Loading...
Loading...