Cara Mencetak Nila #1

Pertanianku — Saat ini sudah banyak varietas nila unggulan yang sudah diciptakan dan beredar di masyarakat. Setiap varietas memiliki keunggulan yang berbeda antara satu dan yang lain. Peneliti pun tak berhenti hanya menciptakan nila dengan keunggulannya masing-masing hingga mencoba menciptakan nila #1. Varietas terbaru ini memiliki keunggulaan dari nila unggulan yang sudah beredar.

Nila #1
foto: pertanianku

Proses pembentukan varietas ini dimulai dengan mengumpulkan induk-induk nila unggulan dari beragam jenis varietas yang beredar di masyarakat. Indukan yang dikumpulkan berasal dari 2—3 jenis varietas berbeda-beda.

Salah satunya adalah varietas Nirwana yang mempunyai kelebihan memproduksi larva seragam dalam jumlah banyak, varietas BEST yang memiliki pertumbuhan relatif cepat, dan nila Larasati merupakan ikan nila merah yang memiliki pertumbuhan relatif cepat.

Loading...

Setelah mendapatkan indukan unggulan dan memverifikasi keunggulan masing-masing jenis. Ikan nila sudah bisa dipijahkan dan benih yang sudah keluar dipelihara hingga tumbuh berkembang menjadi ikan ekonomis atau ikan yang bisa dijual minimal selama 1—2 periode pemeliharaan. Metode pemeliharaannya pun sama seperti memelihara nila pada umumnya.

Keunggulan masing-masing benih yang sudah dihasilkan dari perkawinan silang diamati dan dicatat untuk memudahkan dan mempercepat proses perkawinan selanjutnya. Verifikasi dilakukan melalui pemijahan induk secara massal dengan perbandingan betina dan jantan sebesar 6:1. Perbandingan tersebut jauh lebih besar dibanding perkawinan biasa, yakni 3—4 : 1. Hal tersebut bertujuan mengoptimalkan betina memproduksi larva.

Larva yang sudah dihasilkan, dipijahkan secara terpisah dengan kontrol berupa varietas lokal. Varietas lokal tersebut berguna untuk menjadi pembanding larva yang dihasilkan dari perkawinan varietas unggul.

Selanjutnya, setelah benih besar dipelihara dalam keramba jaring apung (KJA) atau kolam. Dalam masa pemeliharaan ikan akan dinilai dengan sistem scoring. Skor yang didapat dari masing-masing ikan dihitung dan dibandingkan dengan skor ikan lokal. Penelitian tersebut terus dilakukan untuk mendapatkan formula varietas yang tepat.

Baca Juga:  Cara Mempersiapkan Kolam Ikan Lele dengan Benar

Nila #1 disebut sebagai ikan nila yang memiliki banyak kelebihan karena merupakan hasil perkawinan dari varietas dan induk unggulan. Kemampuan yang dimilikinya pun lebih unggul dibanding nila unggulan sebelumnya yang merupakan orangtua dari varietas Nila #1.

 

Loading...
Loading...