Cara Menciptakan Akuaponik Sederhana untuk Pemula

Pertanianku — Hobi Anda berkebun tapi tak cukup lahan untuk mewujudkannya? Sebenarnya, saat ini ada berbagai cara untuk menyalurkan hobi berkebun termasuk dengan menciptakan akuaponik sederhana. Ini bahkan cocok bagi Anda yang masih pemula dan ingin mengisi waktu luang untuk berkebun.

menciptakan akuaponik sederhana
Foto: Google Image

Dengan membuat akuaponik sederhana semacam ini, Anda akan mendapatkan dua keuntungan berupa pemeliharaan ikan dan pemeliharaan tanaman. Berikut ini cara membuat aquaponik sederhana untuk rumah Anda.

Bahan


Loading...
  • Culture tray ukuran 79 × 40 × 4 cm
  • 30 buah mur baut
  • 1 pak plastic net
  • 1 kg media tanam
  • 2 meter pipa 0,5 inci
  • Pipa elbow beserta tutupnya
  • 4 buah pipa pengatur air
  • 1 buah pompa air 946 liter/jam
  • Akuarium
  • Tanaman

Cara pembuatan

Siapkan segala bahan dan alat seperti culture tray, kasa, dan media tanam. Siapkan 2 potongan pipa yang pertama sepanjang lebar media tanam dan yang kedua lebih panjang sehingga pompa akuarium kecil bisa masuk ke akuarium.

Hubungkan antara pipa satu dan pipa lainnya dengan elbow dan tutup ujung pipa yang berukuran kecil. Lubangi setiap pipa kecil sebagai jalan aliran air dan pastikan Anda memasang pengatur aliran air untuk menyesuaikan kecepatan aliran air. Pasang pada pinggiran bak tanam hingga keduanya menyatu pada pinggirnya dengan melubangi bak dan mengaitkannya.

Pasang pompa pada ujung pipa yang panjang pada bagian bawah akuarium. Siapkan media tanam dan potong menjadi bagian kecil. Siram dengan air dan pastikan kelebihan air siraman keluar. Setelah media tanam berubah warna agak gelap, Anda bisa menggumpalkan dan menempatkan pada media tanam hingga penuh.

Pastikan Anda memadatkan media tanam dan buatlah media tanam agak melebihi batas bak tanam. Pasang kasa plastik dan gunting seukuran bak tanam yang telah berisi media tanam. Buatlah beberapa lubang di pinggir bak tanam untuk merekatkan kasa plastik dengan bak tanam menggunakan mur baut.

Baca Juga:  Cabai Pelangi Karya Anak Bangsa

Untuk penanaman, bisa dilakukan dengan memotong kasa plastik berbentuk persegi. Bersihkan tanaman dari media tanam sebelumnya dengan mencelupkan ke dalam air. Buat lubang pada media tanam dan masukkan tanaman tersebut pada lubang. Lakukan hal yang sama pada tanaman lain.

Tempatkan bak tanam di atas akuarium dan menempel pada dinding. Lakukan pengecekan apakah irigasi berjalan dengan lancar atau tidak. Jika aliran air mampu mengalir ke atas dan menetes ke akuarium, itu tandanya akuaponik Anda telah selesai.

Loading...
Loading...