Cara Mencuci Kandang Ayam Kampung yang Benar agar Bebas Bau

Pertanianku— Ternak ayam kampung dapat menimbulkan bau yang sangat mengganggu, apalagi jika peternakan berada di dekat pemukiman warga. Sebenarnya, ternak ayam kampung bisa dilakukan tanpa bau seperti yang diterangkan dalam buku Beternak Ayam Kampung Tanpa Bau. Di dalam buku tersebut dijelaskan salah satu cara mengatasi bau ialah dengan mencuci kandang ayam kampung dengan benar, dua minggu sebelum DOC masuk ke kandang.

mencuci kandang ayam
foto: Pertanianku

Mencuci kandang ayam kampung bermanfaat untuk memutus rantai penyakit yang bisa menyerang ayam. Tidak sekadar mencuci dengan air bersih, peternak juga wajib menyemprotkan desinfektan ke seluruh bagian dalam kandang.

Berikut ini langkah-langkah pencucian kandang ayam kampung yang benar.

  • Keluarkan seluruh peralatan yang ada di dalam kandang, seperti tempat pakan dan minum. Cuci seluruh peralatan tersebut dengan sabun dan air bersih. Setelah itu, jemur hingga kering dengan cara dianginkan-anginkan. Simpan peralatan yang sudah bersih sebelum digunakan kembali.
  • Jika Anda menggunakan kandang postal atau litter, keluarkan sekam dari dalam kandang, lalu kumpulkan di dalam karung. Sapu bersih kandang dari sekam dengan menggunakan sapu lidi. Sementara itu, jika tipe kandang yang digunakan adalah panggung, bersihkan kotoran yang berada di kolong kandang, kemudian kumpulkan di
  • Bersihkan dengan kain lap seluruh perlengkapan pendukung, seperti kap lampu pemanas untuk kandang brooding, kemudian keluarkan lampu pemanas dari dalam kandang agar tidak rusak ketika disemprot air saat proses pencucian.
  • Semprot seluruh bagian di dalam kandang dengan air bersih terlebih dahulu, lalu diamkan selama beberapa saat hingga kotoran yang menempel bisa terlepas.
  • Sikat seluruh bagian dalam kandang, lalu semprot dengan air bertekanan tinggi sehingga kotoran yang menempel benar-benar terlepas. Air yang digunakan bisa dicampurkan dengan desinfektan dengan takaran 17 ml/10 liter air. Desinfektan berfungsi membunuh seluruh bakteri yang ada di dalam kandang. Proses penyemprotan harus dilakukan hingga benar-benar bersih.
  • Setelah proses penyemprotan desinfektan selesai, siramkan soda api yang sudah dilarutkan dengan air ke seluruh bagian kandang untuk mematikan bakteri. Dosis soda api yang digunakan sekitar 20 gram soda api per meter persegi
  • Setelah serangkaian proses mencuci kandang ayam kampung selesai dilakukan, biarkan kandang hingga benar-benar kering.
Baca Juga:  Sapi Pogasi, Sapi Unggulan Balitbangtan

Pencucian kandang ayam kampung merupakan salah satu kunci sukses beternak ayam kampung tanpa bau. Masih ada banyak kunci sukses lain yang dibahas di dalam buku Beternak Ayam Kampung Tanpa Bau. Untuk mendapatkannya sebagai referensi usaha, Anda bisa langsung menghubungi WhatsApp admin Penebar Swadaya.


loading...