Cara Mendapatkan Benih Sayuran Tanpa Harus Beli

Pertanianku — Anda bisa mendapatkan berbagai jenis benih sayuran sendiri tanpa harus membelinya dan bahkan bisa dijadikan peluang bisnis yang menguntungkan. Anda harus mengolah benih sayuran tersebut dari induk sayuran yang sudah dipilih. Berikut ini cara mendapatkan benih sayuran tanpa harus beli.

benih sayuran
foto: pertanianku

Benih mentimun

Buah mentimun yang akan dijadikan sumber benih harus memiliki kriteria yang sehat, tidak cacat, berukuran seragam, tingkat kematangannya sebesar 60—90 persen, serta berwarna putih bersisik, kuning bersisik atau cokelat bersisik (tergantung dengan varietasnya). Tahapan pengambilan benih dimulai dengan membelah mentimun yang sudah tua.

Loading...

Keluarkan benih beserta lendirnya dan tampung di dalam wadah. Tutup rapat wadah tersebut dan simpan selama 1—2 hari agar sisa lendir dan daging lebih mudah untuk dipisahkan. Lalu, cuci bersih biji dari lendir dan daging buah. Rendam biji dan buang biji yang mengapung.

Rendam biji yang sudah bersih selama 5 menit ke dalam larutan Antrakol, Dithane, atau Ridomil sebanyak 5 gram/liter sebagai seeds treatment. Jemur biji di bawah panas matahari selama 3—4 jam/hari, lalu masukkan ke pengering dengan suhu 30—35°C selama 12 jam. Biji yang sudah kering sudah bisa dikemas.

Benih cabai

Cabai yang bisa diambil bijinya untuk dijadikan benih adalah cabai yang sehat dan tidak cacat dengan tingkat kematangan 60—90 persen. Potong kedua ujung cabai sekitar 2 cm dan belah pada salah satu sisinya. Masukkan buah cabai ke wadah dan rendam wadah tersebut ke dalam air bersih sekitar 20 cm dari media cabai, lalu tutup wadah rapat-rapat dan simpan selama 3—4 hari agar biji, daging, dan kulit terpisah.

Aduk ekstak cabai setiap hari agar proses fermentasi berjalan dengan lancar, pengadukan bisa menggunakan kayu atau bambu. Ambil daging dan kulit buah dengan saringan dan cuci bersih biji. Buang biji yang terapung. Celupkan biji yang sudah bersih ke dalam ridomil berwarna hijau/merah. Keringkan benih hingga kadar air tersisa 6—9 persen. Biji cabai yang sudah kering bisa dipakai atau dikemas.

Baca Juga:  Buah Tin Ungu, Pohon Buah Cantik nan Mahal Bisa Ditanam di Pekarangan Rumah

Benih wortel dan bayam

Pengolahan benih wortel dan bayam sama seperti pengolahan benih kacang-kacangan. Pengolahannya dilakukan dengan memanen bunga wortel dan bunga bayam yang sudah tua berwarna keabu-abuan. Pilihlah bunga yang belum mengalami kerontokan biji. Keringkan bunga di bawah panas matahari selama 3—4 hari hingga bijinya mudah dirontokkan.

Setelah kering, rontokkan biji-biji tersebut dengan tangan, lalu pisahkan antara kotoran dan biji. Keringkan kembali biji hingga kadar airnya hanya sebesar 6—9 persen dengan panas buatan bersuhu 30—35°C selama 12 jam. Biji sudah siap digunakan.

Loading...
Loading...