Cara Mendapatkan Bibit Anggur Berkualitas

Pertanianku — Bibit merupakan modal awal dalam bertanam. Jika bibit yang digunakan baik, hasil buah yang dipanen juga akan berkualitas. Oleh karena itu, pilihlah bibit anggur berkualitas agar hasil panen memiliki mutu yang baik.

bibit anggur
foto: pixabay

Cara mendapatkan bibit dapat dilakukan dengan membibitkan sendiri ataupun membeli bibit anggur yang telah siap untuk ditanam. Setiap cara memiliki tantangan dan keuntungan masing-masing.

Membibitkan sendiri

Loading...

Membibitkan sendiri dapat dilakukan dari biji yang bisa didapatkan langsung dari buah yang telah dikonsumsi dagingnya. Selain itu, biji juga dapat dibeli khusus dari penangkaran. Namun, kebanyakan tanaman anggur ditanam dari hasil perbanyakan vegetatifnya.

Pohon anggur yang ditanam secara generatif atau dari biji kemungkinan besar memiliki sifat yang berbeda dengan pohon indukannya. Bisa lebih baik ataupun lebih buruk. Buah yang dihasilkan tidak akan sama dengan buah induknya.

Kelemahan dari bibit biji buah adalah waktu yang dibutuhkan cukup lama untuk berbuah sehingga cara ini sering dihindari oleh para petani. Selain itu, persentase keberhasilan tumbuhnya kecambah cukup rendah.

Namun, dengan menanam dari biji, akar tumbuhan akan jauh lebih kuat. Akar anggur sangat penting menjaga keseimbangan karena anggur merupakan tumbuhan tahunan sehingga anggur yang ditanam dari biji memiliki masa hidup yang lebih lama. Anda pun bisa memanen buah anggur lebih lama.

Membeli bibit anggur

Membeli bibit anggur merupakan cara aman agar Anda mendapatkan kualitas buah yang baik, terjamin sehat, dan tidak repot. Bibit dapat dibeli di penangkaran dan sudah banyak penangkaran yang memiliki sertifikat. Biasanya, bibit yang dijual dalam bentuk setek basah, tetapi ada pula bibit yang dijual dalam bentuk benih anggur siap tanam.

Baca Juga:  Jenis Sayuran yang Bisa Anda Budidayakan Secara Organik

Bertanam dengan bibit vegetatif merupakan cara yang sering digunakan untuk skala produksi. Hal ini dikarenakan waktu yang dibutuhkan untuk pohon berproduksi cukup singkat. Hasil buah yang akan didapatkan pun tidak akan jauh berbeda bahkan mendekati sama dengan pohon induknya.

Namun, kekurangan dari bibit vegetatif adalah sistem perakaran yang tidak mendalam dan kuat. Sistem perakaran yang tidak kuat sebenarnya menguntungkan Anda yang menanam buah di pot karena tidak akan merusak pot. Namun, jika Anda menanam pohon di lahan, pohon akan cepat rubuh jika terjadi angin kencang.

Akar yang tidak kuat juga membuat pohon anggur memiliki daya tahan yang lemah sehingga mudah untuk mati.

Loading...
Loading...