Cara Mendeteksi Estrus pada Kambing

Pertanianku— Mengetahui waktu yang tepat untuk perkawinan kambing menjadi salah satu cara meningkatkan produktivitas kambing. Waktu perkawinan sangat erat kaitannya dengan siklus estrus kambing. Di wilayah tropis seperti di Indonesia, siklus estrus dapat terjadi sepanjang tahun sehingga Anda bisa mengawinkan kambing sepanjang tahun.

estrus kambing
foto: Trubus

Kambing baru bisa mengalami estrus setelah mengalami dewasa kelamin. Untuk betina, estrus pertama terjadi pada umur 6–12 bulan, sedangkan pada jantan terjadi pada umur 6–10 bulan. Namun, kambing sebaiknya dikawinkan saat sudah mengalami dewasa tubuh.

Periode estrus betina tergolong singkat hanya berlangsung 12–48 jam. Periode estrus berlangsung secara terus-menerus selama 18–24 hari bila induk betina tidak mengalami bunting.

Berbeda dengan betina, kambing jantan dapat mengalami estrus sepanjang tahun. Dalam setiap minggunya, rata-rata kambing jantan mampu mengawini 3–4 ekor betina. Itu sebabnya perkawinan kambing di Indonesia bisa berlangsung sepanjang tahun bila kondisi tubuh ternak dalam keadaan baik.

Selanjutnya, Anda sebagai peternak, harus melakukan deteksi secara rutin untuk mengetahui waktu estrus kambing betina. Pendeteksian dapat dilakukan melalui dua cara, yaitu penglihatan dan penggunaan ternak jantan. 

Penglihatan

Cara deteksi melalui penglihatan umumnya dilakukan oleh peternak yang memiliki banyak pengalaman. Pendeteksian secara visual dilakukan melalui tingkah laku dan gerak-gerik kambing betina.

Kambing betina yang sudah mengalami estrus akan mengalami penurunan nafsu makan, diam saat dinaiki, vulva membengkak memerah dan terasa basah/lembap, ekor sering digoyang-goyangkan, sering mengembik, terkadang induk betina terlihat diam tidak bergerak, serta pada pertengahan dan akhir masa estrus terlihat sejumlah mucus (cairan) bening.

Penggunaan ternak jantan

Deteksi estrus dengan pejantan berlangsung melalui indera penciuman. Kambing jantan mampu mendeteksi betina yang baru atau sedang dalam masa estrus. Cara deteksi ini dianggap sebagai cara yang paling baik untuk mendeteksi estrus karena terkadang tingkah laku seksual betina suka tidak terlalu terlihat atau betina mengalami silent estrus.

Dengan mengandalkan insting alami kambing jantan, Anda bisa mengetahui betina yang sedang dalam masa estrus atau silent estrus.

 

Baca Juga:  Cara Mencegah Burung Kenari Stres