Cara Menduga Umur Bakalan Sapi dari Susunan Gigi

Pertanianku — Informasi mengenai umur bakalan sapi sangat berguna untuk menentukan proses penggemukan karena akan berdampak pada lamanya waktu penggemukan serta biaya pemeliharaan. Semakin kecil umur bakalan sapi, akan semakin lama waktu penggemukan serta biasanya pemeliharaan akan semakin besar.

umur bakalan sapi
foto: pertanianku

Namun, sapi yang biasa dijual secara tradisional tidak mencantumkan waktu kelahiran sehingga pembeli ataupun penjual tidak mengetahui dengan pasti umur bakalan sapi. Para peternak biasanya akan memeriksa beberapa bagian sapi untuk menduga umur dari bakalan sapi tersebut.

Secara alamiah makhluk hidup pasti diberikan tanda-tanda umur pada perkembangan organ tubuh, begitu pun dengan sapi. Untuk menduga umur sapi dapat dilihat dari beberapa organ sapi, di antaranya penilikan cincin tanduk dan penilikan gigi.

Loading...

Dari seluruh metode pendugaan umur yang ada, metode pendugaan umur berdasarkan gigi merupakan metode yang paling sering digunakan oleh para peternak. Ini karena mudah dan dapat digunakan pada berbagai tingkatan umur sapi.

Sebelum menduga umur sapi, Anda harus mengetahui susunan gigi sapi dengan baik. Gigi sapi berjumlah 32 buah yang terdiri atas 12 buah gigi merupakan rahang atas dan 20 buah gigi lainnya merupakan rahang bawah.

Pada rahang bawah terdiri atas 8 buah gigi susu, gigi geraham berganti menjadi enam buah, dan gigi grama tetap enam buah. Sementara itu, pada rahang atas sapi tidak terdapat gigi susu, hanya ada enam buah gigi berganti dan enam buah gigi geraham tetap.

Berdasarkan pertumbuhan umur sapi, gigi sapi dapat dikelompokkan menjadi tiga fase. Pertama, fase gigi susu yang terjadi dari lahir hingga gigi berganti menjadi baru. Kedua, fase pergantian gigi yang terjadi dari awal pergantian gigi. Ketiga, fase keausan yang terjadi dari gigi tidak berganti, tetapi aus.

Baca Juga:  Penyebab Kegagalan Peternakan Kambing yang Sering Terjadi

Sapi yang akan digemukkan sebaiknya telah memiliki satu pasang gigi seri susu yang sudah copot dan berganti menjadi gigi seri tetap. Untuk mengetahui lebih jauh lagi, perhatikan beberapa standar patokan umur sapi berdasarkan gigi.

  1. Gigi seri susu belum tanggal: umur bakalan 0—1,5 tahun.
  2. Gigi seri susu tanggal 1 pasang: umur bakalan sudah 1,5—2 tahun.
  3. Gigi seri susu tanggal 2 pasang: umur bakalan sudah 2,5—3 tahun.
  4. Gigi seri susu tanggal 3 pasang: umur bakalan sudah 3—3,5 tahun.
  5. Gigi seri susu tanggal 4 pasang: umur bakalan sudah 3,5—4 tahun.

 

Loading...
Loading...