Cara Menebar Benih Ikan Gabus

Pertanianku — Penebaran benih ikan harus dilakukan dengan benar agar tidak menimbulkan angka kematian yang tinggi. Menebar benih ikan gabus tidak bisa dilakukan sembarangan tanpa teknik yang tepat. Pasalnya, benih merupakan titik awal proses produksi setelah menyiapkan media dan sarana budidaya.

menebar benih ikan gabus
foto: pertanianku

Untuk menekan angka kematian benih, menebar benih ikan gabus harus dilakukan dengan hati-hati. Sebelum menebar benih, berikan naungan di dasar kolam yang akan menjadi tempat perlindungan bagi benih yang baru masuk. Naungan tersebut dapat dibuat dari potongan paralon atau bambu.

Selain teknik penebaran yang harus diperhatikan, pembudidaya juga harus memastikan benih yang digunakan baik dan berkualitas. Benih yang baik dapat bertahan hidup dengan baik. Oleh karena itu, pembudidaya harus mengenali kriteria benih yang sehat agar tidak salah memilih benih atau diperdaya oleh pedagang benih ikan yang nakal.

Kriteria benih ikan gabus yang baik adalah bergerak lincah dan agresif jika terkena sentuhan sedikit, kondisi tubuh ikan secara fisik tidak terdapat luka, bagian organ tubuh lengkap, sisik tidak ada yang mengelupas, dan tidak ada penyakit yang terlihat menempel pada kulit ikan.

Benih yang sebaiknya digunakan berukuran seragam agar tidak ada yang saling menyerang antarbenih. Ikan gabus adalah hewan kanibal, jika terdapat perbedaan ukuran akan berpotensi saling menyerang.

Benih bisa didapatkan dari hasil budidaya dan hasil penangkapan. Kedua jenis asal benih tersebut pada dasarnya memiliki kesamaan jika dirawat dengan benar tentu dapat menghasilkan gabus yang sama baiknya.

Namun, saat ini masih sedikit pembudidaya yang membenihkan ikan gabus. Benih ikan gabus masih didapatkan dari tangkapan alam. Oleh karena itu, sebelum dimasukkan ke kolam pembesaran, benih harus diseleksi terlebih dahulu untuk memisahkan benih yang sehat dan memiliki ukuran yang seragam.

Baca Juga:  Beternak Cacing Sutera, Terlihat Menjijikkan Tapi Keuntungannya Menggiurkan

Untuk menyeleksi benih memang memerlukan keahlian khusus, keahlian tersebut bisa didapatkan berdasarkan pengalaman. Oleh karena itu, jangan pernah putus asa jika mengalami kesalahaan saat seleksi. Jadikan pelajaran agar Anda semakin jago menyeleksi benih.

Waktu yang tepat untuk menebar benih ikan gabus adalah pada saat suhu air relatif rendah. Kondisi tersebut biasanya terjadi di bawah pukul 09:00 atau di atas pukul 15:00


loading...