Cara Menebar Benih Ikan Gabus

Pertanianku — Cara menebar benih yang dilakukan para pembudidaya harus diperhatikan. Sebab, jika terjadi kesalahan pada saat menebar, benih tidak akan menghasilkan apa-apa karena mati. Menebar benih ikan gabus merupakan proses awal dari seluruh rangkaian produksi yang harus dipelajari dengan baik oleh pembudidaya setelah menyediakan media dan sarana budidaya.

menebar benih ikan gabus
foto: pertanianku

Saat menebar benih ikan gabus, Anda harus melakukannya secara hati-hati dan serius agar mendapatkan gabus yang optimal. Letakkan naungan di dasar kolam agar benih yang baru saja masuk bisa menggunakannya sebagai tempat berlindung. Naungan tersebut bisa dibuat dari potongan paralon atau bambu.

Gunakan benih ikan gabus yang unggul. Oleh karena itu, ketahui ciri-ciri benih yang unggul. Pertama, benih bergerak lincah dan agresif saat terkena sentuhan dengan sedikit reaksi. Kedua, kondisi tubuh benih gabus baik secara fisik tidak terdapat luka, organ tubuh lengkap, tidak ada sisik yang mengelupas, tidak ada penyakit yang menempel, dan kulit mulus serta licin.

Loading...

Ketiga, ciri terakhir dari benih unggul adalah benih yang berukuran seragam. Benih yang digunakan harus berukuran seragam karena sifat alami ikan gabus adalah kanibal. Penggunaan benih yang tidak seragam akan menyebabkan benih yang besar akan memangsa benih yang kecil. Saat benih seragam, sifat kanibal tersebut tidak akan keluar.

Anda bisa mendapatkan benih dari hasil budidaya ataupun dari hasil tangkapan di alam. Kelebihan benih yang didapatkan dari budidaya berukuran seragam dan sesuai dengan jenisnya. Benih tentunya akan mendapatkan hasil panen gabus yang baik pula.

Namun, masih sedikit orang yang membenihkan ikan gabus. Benih lebih sering diambil dari tangkapan liar. Benih yang diambil dari alam harus diseleksi terlebih dahulu sebelum ditebar ke kolam budidaya. Dari hasil seleksi diharapkan bisa mendapatkan hasil budidaya yang optimal. Seleksi benih dilakukan berdasarkan kesamaan panjang serta besar tubuh.

Baca Juga:  KKP Siapkan Beberapa Strategi untuk Mencegah Penyakit AHPND pada Udang

Dalam menyeleksi benih, harus dilakukan oleh yang berpengalaman. Namun, Anda bisa melakukannya sambil belajar hingga bisa sendiri.

Waktu yang tepat untuk menebar benih adalah pada suhu rendah, yaitu pada pagi hari, jangan lebih dari pukul 09.00 dan sore setelah pukul 15.00. Pada jam tersebut suhu air sedang stabil dan tidak terlalu ekstrem untuk benih. Saat melakukan pengiriman benih, perhitungkan waktu yang tepat agar saat tiba di tempat budidaya sudah pagi atau sore dan bisa ditebar langsung ke kolam.

 

Loading...
Loading...