Cara Menentukan Cabang Pohon agar Sukses Mencangkok

Pertanianku — Menentukan cabang pohon adalah kunci sukses mencangkok. Hal ini karena tidak semua cabang pohon bisa digunakan. Cabang untuk dicangkok harus memiliki umur yang pas, produktif, dan terlihat kokoh, serta sehat. Berikut ini beberapa kriteria cabang pohon yang cocok untuk dicangkok.

cabang pohon
foto: Pertanianku

Umur cabang

Cabang yang dipilih untuk dicangkok merupakan cabang yang tidak terlalu tua atau muda. Oleh karena itu, pada pohon tua biasanya hanya memiliki beberapa cabang yang bisa dicangkok.

Umur cabang biasanya digambarkan dari warna cabang tersebut, pilihlah cabang berwarna cokelat muda. Biasanya, cabang tersebut memiliki persediaan makanan yang cukup untuk menumbuhkan kalus dan akar. Jangan gunakan cabang yang masih berwarna hijau karena cabang tersebut masih muda. Biasanya, tingkat kegagalan mencangkok di cabang yang masih muda sangat tinggi.

Pohon induk yang produktif

Teknik perbanyakan tanaman secara vegetatif akan menghasilkan benih yang sama dengan induknya. Jika ingin mendapatkan bibit yang produktif, Anda perlu menggunakan pohon induk yang produktif juga. Pasalnya, jika pohon kualitas pohon induk kurang baik, bibit yang dihasilkan akan kurang baik juga. Pohon induk yang harus dipilih sebaiknya merupakan pohon yang sudah berbuah.

Itu sebabnya Anda harus mengetahui asal-usul pohon induk ketika ingin membeli bibit vegetatif di luar. Pasalnya, masih ada pedagang bibit yang tetap menjual bibit tanaman yang tidak berasal dari pohon induk yang baik. Agar mendapatkan bibit yang terjamin produktivitasnya, Anda bisa membeli bibit tersebut di toko pertanian yang tepercaya. Salah satunya, Toko Trubus yang menyediakan beragam bibit tanaman buah unggul dan berkualitas serta terbukti cepat berbuah.

Sosok cabang

Sosok cabang yang dipilih sebaiknya berdaun banyak, kokoh, subur, dan tidak terserang hama serta penyakit. Daun merupakan dapur yang menghasilkan bahan makanan yang akan diedarkan ke seluruh bagian tanaman. Agar proses cangkok berhasil, Anda perlu memerhatikan kondisi daun di percabangan tersebut.

Baca Juga:  Jenis-jenis Jati Unggul

Cabang yang terbebas dari hama dan penyakit memiliki penampilan yang mulus dan tidak terdapat luka. Pilihlah cabang yang rajin berbuah. Jangan pilih cabang yang steril karena cabang tersebut biasanya akan tetap malas berbuah setelah dewasa.