Cara Menentukan Frekuensi dan Jumlah Pemberian Pakan untuk Ikan Arwana

Pertanianku — Memberikan pakan untuk ikan arwana sudah menjadi kewajiban bagi pemilik agar ikan bisa tumbuh dengan baik. Saat diberikan pakan, ikan arwana akan meliuk-likuk, memburu, dan menerkam mangsanya, pemandangan seperti itu menjadi salah satu daya tarik yang disukai oleh pemilik. Oleh karena itu, sangat sayang jika proses pemberian pakan diwakilkan kepada orang lain. Sebaiknya, berikan pakan di pagi hari sebelum beraktivitas atau sore hari setelah selesai beraktivitas.

pakan untuk ikan arwana
foto: Pertanianku

Sejauh ini masih belum ada patokan yang pasti tentang frekuensi dan jumlah pakan yang harus diberikan. Biasanya, tiap hobiis memiliki perhitungan frekuensi dan jumlah pakannya masing-masing. Takaran jumlah tersebut didapatkan dari hasil uji coba pemberian pakan.

Misalnya, ikan arwana diberikan pakan di pagi hari secara terus-menerus hingga ikan sudah tidak mau makan lagi karena kenyang. Selanjutnya, jumlah pakan yang berhasil dimakan oleh ikan dicatat sebagai data.

Kegiatan yang sama dilakukan pada siang dan sore harinya. Jumlah pakan yang berhasil dimakan oleh ikan di siang dan sore hari dicatat untuk digabung dengan jumlah pakan di pagi hari.

Namun, terkadang ikan arwana tidak mau makan lagi di siang atau sore hari karena jumlah pakan yang diberikan saat pagi hari terlalu banyak. Jika sudah terjadi seperti itu, berarti jumlah pakan di pagi hari merupakan jumlah total pakan yang dibutuhkan oleh ikan. Keesokannya, jumlah tersebut bisa dibagi-bagi untuk makan pagi, siang, dan sore hari.

Cara ini cukup efektif untuk meningkatkan efisiensi pakan sehingga jumlah pakan yang terbuang menjadi lebih minim.

Frekuensi pemberian pakan ikan arwana cukup berbeda-beda bergantung pada ukurannya.  Namun, umumnya, ikan arwana yang panjangnya di atas 35 cm diberi pakan sehari sekali atau dua hari sekali. Ikan arwana dengan panjang tubuh 15—35 cm sebaiknya diberikan pakan sebanyak dua kali sehari.

Baca Juga:  Kunci Sukses Budidaya Belut

Sementara itu, ikan arwana yang panjangnya hanya sekitar 15 cm diberikan pakan sebanyak 3 kali sehari.

Selain jumlah dan frekuensi, Anda juga perlu memerhatikan jenis pakan yang diberikan. Hindari hanya memberikan satu jenis pakan agar kebutuhan nutrisi tubuh ikan terpenuhi. Selain itu, ikan jadi lebih mudah menerima berbagai jenis makanan jika salah satu jenis pakan sedang sulit didapatkan.