Cara Menentukan Skala Usaha Peternakan

Pertanianku Skala usaha peternakan dapat menentukan seberapa banyak pakan yang dibutuhkan, jumlah hewan yang dipelihara, dan cara memelihara. Ada beberapa faktor yang harus dipertimbangkan saat ingin menetapkan seberapa besar skala usaha yang akan dijalankan.

skala usaha peternakan
foto: pertanianku

Modal tersedia

Besar kecilnya skala usaha peternakan sangat tergantung dengan modal yang tersedia. Jumlah modal tersebut dapat menentukan seberapa banyak jumlah ternak yang bisa dipelihara. Semakin besar modal, semakin banyak ayam yang bisa diternak.

Loading...

Namun, bukan hanya memerhatikan jumlah hewan yang diternak, Anda juga memerhatikan kebutuhan peternakan lain seperti biaya kandang, produksi, dan membayar tenaga kerja. Seluruh modal tersebut harus diatur agar mampu memenuhi seluruh kebutuhan selama beternak.

Ketersediaan lahan

Lahan juga menjadi faktor yang memengaruhi skala usaha peternakan yang bisa digunakan. Jika lahan yang dimiliki tidak terlalu besar, skala usaha yang dilakukan tidak bisa terlalu besar. Sebab, jika terlalu dipaksakan memelihara hewan ternak dalam jumlah banyak di lahan terbatas, bisa menimbulkan masalah lain.

Bangunan yang dibutuhkan bukan hanya kandang, Anda juga membutuhkan tempat mencuci sarana pendukung yang sudah dipakai serta gudang untuk menyimpan pakan dan peralatan.

Kapasitas kandang dan perlengkapan

Kapasitas kandang menentukan seberapa banyak hewan ternak bisa Anda pelihara di dalamnya. Misalkan, luas kandang sebesar 100 m2, populasi maksimalnya adalah 100 × 12 ekor ayam = 1.200 ekor. Banyaknya hewan yang dipelihara juga harus didukung peralatan yang memadai. Oleh karena itu, Anda juga harus memerhatikan peralatan yang sesuai dengan standar.

Efisiensi biaya produksi

Efisiensi biaya produksi terkait dengan jumlah tenaga kerja dan penggunaan bahan bakar pemanas. Misalkan untuk memelihara 1.000 ekor ayam, cukup membutuhkan satu tenaga kerja. Dengan begitu, jika jumlah ayam yang diternak sebanyak 3.000 ekor ayam, dibutuhkan 3 pekerja.

Baca Juga:  Mengatasi Penyakit Mastitis Sapi yang Sering Dikhawatirkan Peternak

Kebutuhan atau permintaan pasar

Pasar adalah faktor penentu besaran skala usaha yang bisa dilakukan. Percuma skala usaha besar, tetapi permintaannya rendah. Suplai yang terlalu banyak dapat menurunkan harga dari  ternak itu sendiri sehingga hal tersebut akan merugikan peternak. Mulailah dari skala usaha kecil untuk mencari pasar, selanjutnya bisa ditingkatkan sesuai dengan kemampuan dan kondisi pasar.

Loading...
Loading...