Cara Menentukan Umur Kambing Melalui Gigi

Pertanianku— Data mengenai umur kambing merupakan data penting yang perlu diketahui oleh peternak. Pasalnya, banyak hal yang berkaitan dengan umur, seperti masa birahi, perkawinan, dan lain-lain. Kambing betina mulai dewasa pada umur 6–8 bulan. Pada umur tersebut kambing sudah bisa dikawinkan. Namun, kambing PE baru bisa dikawinkan saat umurnya mencapai 15–18 bulan.

umur kambing
foto; Trubus

Untuk menghindari perkawinan pada umur muda, kambing betina perlu dipisahkan sejak berumur 5 bulan. Itu sebabnya sangat penting bagi peternak untuk mengetahui umur kambing yang pasti agar tidak kecolongan perkawinan muda. Umur kambing bisa diketahui melalui pertumbuhan gigi serinya.

Kambing yang baru dilahirkan telah memiliki delapan buah (empat pasang) gigi seri pada rahangnya. Gigi seri yang dibawa sejak lahir dan belum berganti dinamakan dengan gigi seri susu. Sementara itu, gigi seri tetap merupakan gigi yang telah tanggal dan akan tumbuh lagi.

Pertumbuhan dan pergantian gigi terjadi sangat teratur. Gigi seri tetap yang menggantikan gigi seri susu berukuran lebih besar. Gigi ini lebih kuat dan warnanya lebih kekuningan. Pergantian gigi pada kambing bisa menjadi patokan Anda saat menentukan umur.

Penentuan umur satu tahun bisa dilakukan dengan memeriksa pertumbuhan gigi geraham. Saat anak kambing berumur 3–6 bulan, gigi geraham nomor empat akan tumbuh. Selanjutnya, saat berumur sembilan bulan, gigi geraham nomor lima akan tumbuh. Berikut ini rincian pergantian gigi seri kambing.

  • Umur kurang dari 1 tahun: kambing belum mengalami pergantian gigi seri.
  • Umur 1–1,5 tahun: gigi seri dalam (l1) berganti.
  • Umur 1,5–2 tahun: gigi seri tengah dalam (l2) berganti.
  • Umur 2,5–3 tahun: gigi seri tengah luar (l3) berganti.
  • Umur 3–4 tahun: gigi seri luar (l4) berganti, terkadang dijumpai 8 gigi seri sudah berganti.
  • Umur lebih dari 4 tahun: pada saat ini penentuan umur bisa dilakukan berdasarkan perubahan-perubahan gigi geliginya.
Baca Juga:  Hal yang Perlu Dilakukan Saat Kambing Baru Sampai di Kandang

Pada saat kambing berumur 14–20 bulan, biasanya sudah muncul dua gigi tetap/gigi kacip. Setelah berumur 30–40 bulan, semua gigi tetap kambing akan muncul.