Cara Mengajukan Kredit Usaha Rakyat Nelayan dan Pelaku Usaha Perikanan Lainnya

Pertanianku —Kementerian Kelautan dan Perikanan memberikan kemudahan untuk para nelayan dan pengusaha yang bergerak di bidang pengolahan hasil perikanan untuk mengakses kredit usaha rakyat nelayan. Upaya ini sebagai bentuk keberpihakan Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo terhadap nelayan, pembudidaya, serta pengolah dan pemasaran produk perikanan.

kredit usaha rakyat
foto: pertanianku

Menteri Edhy memastikan negara menyediakan akses permodalan kepada para pelaku di bidang perikanan melalui kredit usaha rakyat (KUR) serta dana Badan Layanan Umum (BLU) dari Lembaga Pengelola Modal Usaha Kelautan dan Perikanan (LPMUKP).

Fasilitas ini diberikan kepada pelaku usaha untuk memudahkan mereka mengakses permodalan. Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP), Nilanto Perbowo, mengatakan saat ini pihaknya sudah menyiapkan form yang bisa diisi secara online. Form ini bisa diisi oleh penyuluh perikanan atau pelaku usaha secara mandiri.

Loading...

“Kami berkomitmen untuk mendorong pelaku usaha sektor KP mendapatkan bantuan modal, biar usahanya semakin berkembang,” tutur Nirlanto seperti dikutip dari laman kkp.go.id.

Untuk mengajukan kredit usaha rakyat, pelaku usaha hanya cukup memasukkan data diri, data usaha, dan data perbankan yang diunggah secara online dalam laman http://bit.ly/aksesmodal_KKP.

Data-data yang sudah diunggah akan diproses oleh tim Kelompok Kerja (Pokja) sebelum dilanjutkan ke pihak perbankan. Setelah sampai di perbankan, pihak perbankan akan menilai kelayakan usaha pelaku, apakah sudah sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Seluruh proses pengajuan dana ini gratis, tidak dipungut biaya.

“Ini semuanya gratis, jadi silakan saja dilaporkan melalui saluran pengaduan resmi KKP kalau ada pungli atau dijanjikan macam-macam,” ujar Nirlanto.

Pihaknya masih akan terus berupaya menyempurnakan form daring tersebut agar banyak pelaku usaha yang bisa mengaksesnya dengan mudah. Apalagi, di tengah pandemi seperti ini semua pelayanan sudah berbasis daring.

Baca Juga:  Cara Mengirim Gurami yang Benar agar Ikan Tidak Mudah Mati

Sebelumnya, Menteri Edhy menegaskan anggaran program KUR yang disiapkan oleh pemerintah mencapai Rp190 triliun. Oleh karena itu, Menteri Edhy mengajak masyarakat untuk berperan aktif untuk terus meningkatkan potensi sektor perikanan di Indonesia.

Guna mengawal program ini, KKP sudah menyiapkan strategi dan Kelompok Kerja Kredit Program Sektor Kelautan dan Perikanan.

Loading...
Loading...